Sumbangan Kelentukan Togok dan Keseimbangan Tubuh Terhadap Kemampuan Melempar Bola Bocce Siswa Tunagrahita dengan Low Ability di SLB Negeri 2 Pemalang.

Agus Kurniawan, 6250406051 (2012) Sumbangan Kelentukan Togok dan Keseimbangan Tubuh Terhadap Kemampuan Melempar Bola Bocce Siswa Tunagrahita dengan Low Ability di SLB Negeri 2 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Sumbangan Kelentukan Togok dan Keseimbangan Tubuh Terhadap Kemampuan Melempar Bola Bocce Siswa Tunagrahita dengan Low Ability di SLB Negeri 2 Pemalang.) - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Permasalahan penelitian adalah : 1) Seberapa besar kelentukan togok memberikan sumbangan terhadap kemampuan melempar bola bocce siswa tunagrahita dengan low ability ?, 2) ) Seberapa besar keseimbangan tubuh memberikan sumbangan terhadap kemampuan melempar bola bocce siswa tunagrahita dengan low ability ?, dan 3) ) Seberapa besar kelentukan togok dan keseimbangan tubuh memberikan sumbangan terhadap kemampuan melempar bola bocce siswa tunagrahita dengan low ability ?, Populasi penelitian ini adalah siswa tunagrahita dengan low ability SLBN 2 Pemalang yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling atau sampel acak. Peneliti mengambil 33% dari jumlah siswa SLBN2 Pemalang, sehingga terdapat sampel berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian ini meliputi kelentukan togok dan keseimbangan tubuh sebagai variabel bebas dan kemampuan melempar bola bocce sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana maupun ganda. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,515 > rtabel =0,312, yang berarti ada sumbangan kelentukan togok berkategori kecil terhadap kemampuan melempar bola bocce. Koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,697 > rtabel =0,312, yang berarti ada sumbangan keseimbangan tubuh berkategori sedang terhadap kemampuan melempar bola bocce. Koefisien korelasi (rx12y) sebesar 0,793. Keberartian Koefisien korelasi ganda tersebut diuji dengan analisis varian dan diperoleh Fhitung sebesar 31.426 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, berarti ada sumbangan besar antara kelentukan togok dan keseimbangan tubuh dengan kemampuan melempar bola bocce siswa tunagrahita dengan low ability. Secara bersama-sama kelentukan togok dan keseimbangan tubuh memberikan sumbangan efektif yang besar terhadap kemampuan melempar bola bocce siswa tunagrahita dengan low ability sebesar 62.94% dengan sumbangan terbesar diberikan oleh keseimbangan tubuh yaitu 42,95% sedangkan kelentukan togok memberikan sumbangan 19,99%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu kelentukan togok dan keseimbangan tubuh memberikan sumbangan berkategori besar terhadap kemampuan melempar bola bocce secara bersama-sama namun kurang signifikan apabila terpisah. Oleh karena itu penulis dapat memberikan saran: 1) Hal utama yang dilakukan siswa agar memiliki kemampuan melempar bola yang baik adalah dengan meningkatkan keseimbangan tubuhnya. 2) Kelentukan togok bisa menjadi acuan utama guru ataupun pelatih bocce dalam mencari bibit-bibit pemain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kelentukan togok, keseimbangan tubuh dan kemampuan melempar.
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 30 May 2012 22:50
    Last Modified: 30 May 2012 22:50

    Actions (login required)

    View Item