Pengembangan Media Pembelajaran PLC Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.


Wahyu.Sharandavi, , 5301407030 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran PLC Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran PLC Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.]
Preview
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran PLC Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.) - Published Version
Download (66kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran diperlukan pembaharuan baik dari cara mengajar atau penggunaan media interaktif. Media pembelajaran interaktif yang sering digunakan adalah media pembelajaran berbasis flash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan, membuat dan menguji penggunaan media pembelajaran berbasis flash untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Programmable Logic Controller khususnya pada waktu praktek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merencanakan, membuat dan menguji media pembelajaran berbasis flash untuk pembelajaran mata pelajaran Programmable Logic Controller dan apakah penggunaan media pembelajaran berbasis flash sebagai media pembelajaran PLC berpengaruh terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode metode research and development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila dari angket diperoleh hasil yang berada pada rentang skor 50 % < skor ≤ 75 % atau kriteria “Cukup baik” dan skor >75% atau kriteria “Baik” (indikator keberhasilan program). Hasil penelitian media pembelajaran secara keseluruhan kepada responden, dari guru menyatakan 75.8% atau dalam kategori baik, dengan rincian sebagai berikut : kriteria pendidikan (80.56%), kriteria program (71.875%), dan kriteria kualitas teknis (75.8). Dari siswa di bagi dua variabel yaitu tanggapan dari siswa menyatakan 76.9% atau dalam kategori baik dan sikap siswa menyatakan 76.7% atau dalam kategori baik. Hasil penelitian tes kepada siswa didapat hasil rata-rata kelas adalah 70,6 atau dalam kategori cukup baik. Menurut hasil penelitian kepada seluruh responden media pembelajaran untuk mata pelajaran Programmable Logic Controller ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK dan telah memenuhi indikator keberhasilan program dengan persentase rata-rata sebesar 76.3% atau dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disarankan bahwa: program media pembelajaran Programmable Logic Controller ini sebaiknya digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk mata pelajaran “Programmable Logic Controller” dan perlu diadakannya penelitian lanjutan tentang pengembangan program media pembelajaran untuk penyempurnaan media pembelajaran Programmable Logic Controller ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, PLC, berbasis flash.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 02:25
Last Modified: 29 May 2012 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item