Penggunaan Panel Peraga Power Window Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Kelistrikan Tambahan Siswa Kelas XI Teknik Otomotif SMK Nusantara 1 Comal Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012


Budi Hermanto, 5201407047 (2012) Penggunaan Panel Peraga Power Window Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Kelistrikan Tambahan Siswa Kelas XI Teknik Otomotif SMK Nusantara 1 Comal Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Panel Peraga Power Window Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Kelistrikan Tambahan Siswa Kelas XI Teknik Otomotif SMK Nusantara 1 Comal Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Penggunaan Panel Peraga Power Window Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Kelistrikan Tambahan Siswa Kelas XI Teknik Otomotif SMK Nusantara 1 Comal Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (139kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh para pengajar (Guru) yang berada di jurusan TMOSMK Nusantara 1 Comal khususnya pada mata pelajaran sistem power window karena kurangnya alat peraga sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi.Hal tersebut terlihat dari hasil belajar peserta didik/siswa yang selama ini masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang menunjukkan rata-rata sebesar 75.00. Rumusan masalahyang diungkap dalam skripsi ini adalah (1) Seberapa besar hasil belajar yang menggunakan panel peraga sistem power window? (2) Seberapa besar hasil belajar yang tidak menggunakan panel peraga sistem power window? (3)Seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi kelistrikan tambahan siswa yang menggunakan panel peraga sistem power window dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan panel peraga sistem power window? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar yang menggunakan panel peraga sistem power windowdan yang tidakmenggunakan panel peraga sistem power windowserta untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar kompetensi kelistrikan tambahan siswa yang menggunakan panel peraga sistem power window dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan panel peraga sistem power window. Penelitian ini menggunakandesain eksperimen jenispretest-posttescontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIKeahlian Teknik otomotif SMK Nusantara 1 Comal yang berjumlah 126 siswa terbagi dalam 3 kelas yaitu XI TKR1, XI TKR2, XI TKR3. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambilberdasarkan clausterrandom samplingdengan undian didapat siswa kelas XI TKR1sejumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TKR3sejumlah 43 siswasebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh bahwa ada peningkatan hasil belajar kompetensi kelistrikan tambahan melalui penggunaan panel peraga sistem power window. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen (pre test) sebesar 43,26 dan rata-rata (post test) sebesar 75,91 sehingga peningkatan hasil belajarnya adalah 32,65. Sedangkan pada kelas kontrol (pre test) sebesar 46,88 dan rata-rata (post test) sebesar 66,58 sehingga peningkatan hasil belajarnya adalah 19,7. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan panel peraga sistem power window peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa panel peraga sistem power window.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, panel peraga sistem power window
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 00:06
Last Modified: 29 May 2012 00:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item