Pembelajaran E-learning dengan Model Posting pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran


Mursid Agung Cahyono, , 4401407023 (2011) Pembelajaran E-learning dengan Model Posting pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran E-learning dengan Model Posting pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran]
Preview
PDF (Pembelajaran E-learning dengan Model Posting pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran) - Published Version
Download (82kB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 2 Ungaran merupakan salah satu sekolah yang memiliki fasilitas internet berupa laboratorium komputer dan area hotspot, selain itu juga memiliki SDM berupa siswa dan guru yang berkompeten dalam mengoperasikan komputer dan internet, hal ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran termasuk pembelajaran biologi, salah satu pembelajaran berbasis internet yang mudah diaplikasikan adalah pembelajaran e-learing dengan model posting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning dengan model posting pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan model one group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 102 siswa terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA1, kelas XI IPA2, dan kelas XI IPA3. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 yang keduanya sebagai kelompok eksperimen yaitu diberi perlakuan pembelajaran e-learning dengan model posting. Data utama adalah hasil belajar siswa didukung dengan data aktivitas siswa, kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Data hasil belajar diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan uji Gain, data aktivitas siswa dan kinerja guru diperoleh dari observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase, data tanggapan siswa dari lembar angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase, serta hasil wawancara guru dianalisis secara deskriptif. Hasil uji Gain menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA1 mempunyai gain >0,3 sebesar 91,19%, sedangkan kelas XI IPA2 mempunyai nilai gain >0,3 sebesar 94,44%. Aktivitas siswa secara klasikal kelas XI IPA1 sebesar 74,51% pada pertemuan I, 84,32% pada pertemuan II, dan 80,39% pada pertemuan III. Sedangkan kelas XI IPA2 sebesar 79,63% pada pertemuan I, 85,18% pada pertemuan II, dan 79,63% pada pertemuan III. Kinerja guru secara klasikal memperoleh kriteria baik, yaitu pada kelas XI IPA1 sebesar 81,48% dan kelas XI IPA2 sebesar 85,19%. Selain itu, siswa dan guru memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap proses pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu pembelajaran e-learning dengan model posting berpengaruh meningkatkan hasil belajar (kognitif) siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran e-learning model posting, hasil belajar, sistem reproduksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:14
Last Modified: 28 May 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item View Item