Korelasi Penguasaan Setsuzokushi Bahasa Jepang dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester V Pendidikan Bahasa Jepang Tahun 2009


Elis Sugiarti , 2302909009 (2012) Korelasi Penguasaan Setsuzokushi Bahasa Jepang dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester V Pendidikan Bahasa Jepang Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi Penguasaan Setsuzokushi Bahasa Jepang dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester V Pendidikan Bahasa Jepang Tahun 2009]
Preview
PDF (Korelasi Penguasaan Setsuzokushi Bahasa Jepang dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester V Pendidikan Bahasa Jepang Tahun 2009) - Published Version
Download (221kB) | Preview

Abstract

Kemampuan bahasa ada empat macam yaitu kemampuan menyimak, kemampuan berbicara, kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang sulit dikuasai oleh pembelajar bahasa. Hal ini dikarenakan kemampuan menulis membutuhkan penguasaan berbagai unsur kebahasaan diantaranya kosakata yang didalamnya adalah setsuzokushi (kata sambung), tatabahasa, penulisan huruf dan lain sebagainya. Bagi para pembelajar bahasa Jepang dalam kegiatan menulis atau membuat karangan, penguasaan setsuzokushi (kata sambung) mempunyai peranan yang penting. Karena dengan setsuzokushi (kata sambung) kita dapat mengetahui hubungan antar kalimat dengan kalimat, paragraf dengan paragraf maupun dalam karangan. Untuk menguasai setsuzokushi (kata sambung) bahasa Jepang tidaklah cukup hanya dengan mengetahui artinya saja, tetapi juga harus memahami cara penggunaan masing-masing setsuzokushi (kata sambung) sesuai dengan fungsinya. Mengingat pentingnya penguasaan setsuzokushi (kata sambung) dalam menulis bahasa Jepang, diperkirakan terdapat korelasi antara penguasaan setsuzokushi (kata sambung) bahasa Jepang dengan kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara penguasaan setsuzokushi bahasa Jepang dengan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang memaparkan hubungan antara penguasaan setsuzokushi bahasa Jepang dengan kemampuan menulis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang Tahun 2009. Sampel diambil dengan teknik quota random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengambil data berupa kemampuan penguasaan setsuzokushi bahasa Jepang dan penggunaan setsuzokushi tersebut dalam menulis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrument penelitian menggunakan rumus K-R20. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment adalah 0,8498 yang lebih besar dari pada nilai r kritik Product Moment yaitu 0,396 pada taraf kepercayaan 95% dan 0,505 pada taraf kepercayaan 99%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara penguasaan setsuzokushi bahasa Jepang dengan ketrampilan menulis pada mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa Jepang tahun 2009

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Setsuzokushi, Menulis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 02:41
Last Modified: 21 May 2012 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item