Efektivitas Metode Drill Cloze Procedure untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Boja.


Wulan Nila Sakti, 2302407019 (2012) Efektivitas Metode Drill Cloze Procedure untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Boja. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Metode Drill Cloze Procedure untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Boja.]
Preview
PDF (Efektivitas Metode Drill Cloze Procedure untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Boja.) - Published Version
Download (44kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Jepang terdapat 4 aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Jepang yaitu mendengar (kiku), berbicara (hanasu), membaca (yomu), dan menulis (kaku). Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut, menulis sering dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit dibandingkan ketiga keterampilan berbahasa lainnya. Kesulitan tersebut dikarenakan pembelajar harus menguasai penulisan huruf, kosakata, pola kalimat, dan menemukan gagasan dalam menuliskan suatu kalimat atau paragraf. Kesulitan yang dialami pembelajar tersebut adapat diatasi dengan memperbanyak latihan menulis. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini membahas tentang efektivitas suatu metode latihan terhadap peningkatan keterampilan menulis, metode tersebut adalah drill cloze procedure. Latihan menulis menggunakan metode drill cloze procedure siswa diminta untuk melengkapi bagian-bagian yang hilang dari suatu kalimat, kata-kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan dapat menjadi acuan atau rangsangan bagi pembelajar untuk dapat mengungkapkan kosakata yang digunakan untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut. Latihan menggunakan kalimat rumpang ini pembelajar akan melengkapi kalimat dengan kosakata yang tepat. Dengan demikian pembelajar akan mengerti bagaimana menyusun kalimat serta paragraf yang benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus KR 20 dan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil analisis hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada post test lebih besar dari nilai rata-rata pre test. Hasil perhitungan menggunakan rumus ttest diperoleh thitung 4,4 lebih besar dari ttabel 2,82. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode drill cloze procedure efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jepang pada siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 1 Boja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Drill Cloze Procedure, Menulis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:28
Last Modified: 21 May 2012 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12223

Actions (login required)

View Item View Item