Deiksis dalam Novel Lintang Panjer Rina Karya Daniel Tito.


Diarsih, 2102406510 (2011) Deiksis dalam Novel Lintang Panjer Rina Karya Daniel Tito. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of JENIS-JENIS DEIKSIS DALAM NOVEL LINTANG PANJER RINA KARYA DANIEL TITO]
Preview
PDF (JENIS-JENIS DEIKSIS DALAM NOVEL LINTANG PANJER RINA KARYA DANIEL TITO) - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

Bahasa mempunyai dua bentuk, yaitu bahasa tulis dan bahasa lisan. Salah satu bentuk bahasa tulis adalah novel. Bahasa tulis dalam sebuah novel biasanya dibuat seindah mungkin untuk menarik minat baca para pembacanya. Setiap penulis mempunyai ciri khasnya sendiri dalam penyampaian critanya. Daniel Tito merupakan salah seorang penulis novel yang mempunyai ciri khas sendiri. Beliau menggunakan bahasa yang indah dalam penyampain cerita novelnya. Salah satu karya Daniel Tito adalah novel berjudul Lintang Panjer Rina. Novel Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito adalah salah satu novel yang menggunakan bahasa Jawa ngoko. Ada hal lain yang menarik dalam novel Lintang Panjer Rina, yaitu banyak ditemukan kata, frasa atau bentuk bahasa yang mengandung deiksis. Deiksis adalah bentuk bahasa yang referennya tidak tetap (Purwo, 1982: 1). Untuk mengetahui suatu bentuk bahasa itu deiktis atau tidak juga dibutuhkan pemahaman yang menyeluruh dalam membaca novel ini agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami isi cerita. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah jenis deiksis yang terkandung dalam novel Lintang Panjer Rina dan acuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis deiksis apa saja yang terdapat dalam novel Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito dan acuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu pendekatan metodologis dan pendekatan teoretis. Pendekatan metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif dan pendekatan teoretis yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatan wacana. Data penelitian ini adalah berupa bentuk bahasa baik itu morfem, kata maupun frasa. Sumber data penelitian adalah novel Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi. Pemaparan hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitiannya ditemukan deiksis persona pertama contohnya seperti kata aku, kula, morfem –ku, tak-, dan frasa awake dhewe, deiksis persona kedua contohnya seperti kata kowe, sampeyan, penjenengan, morfem kok-, dan morfem –mu, deiksis persona ketiga contohnya kata dheweke, morfem –ne, dan morfem –e, deiksis tempat seperti ing kana, ing kene, ing kono, deiksis waktu seperti frasa wayah mengkono, yah mene, kata saiki dan wingi, anafora seperti anak lurah, prawan ayu dan katafora seperti prawan pepujaning ati dan kembange SPG Ngawi. Acuan dari berbagai deiksis yang ditemukan berupa nama orang, seperti Harjito, Winarsih, Joko, Om Beng, Mbok Bakul, Sugeng, Sumardi dan lainnya. Penelitian ini mengkaji tentang jenis deiksis pada novel Lintang Panjer Rina karya Daniel Tito. Diharapkan akan ada penelitian lanjutan tentang deiksis dalam bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deiksis dan Jenis Deiksis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2012 06:47
Last Modified: 14 May 2012 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

View Item View Item