Kesulitan Guru Bahasa Jawa dalam Mengajar Bahasa Jawa di SMP Negeri Batang


NENSY LARASATI , 2102405519 (2011) Kesulitan Guru Bahasa Jawa dalam Mengajar Bahasa Jawa di SMP Negeri Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesulitan Guru Bahasa Jawa dalam Mengajar Bahasa Jawa di SMP Negeri Batang]
Preview
PDF (Kesulitan Guru Bahasa Jawa dalam Mengajar Bahasa Jawa di SMP Negeri Batang) - Published Version
Download (133kB) | Preview

Abstract

Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 095.5/01/2005 tentang kurikulum bahasa Jawa, menyebutkan bahwa pelajaran bahasa Jawa merupakan pelajaran wajib yang harus diajarkan di semua sekolah pada semua jenjang pendidikan di Jawa Tengah, mulai dari SD sederajat sampai SMA sederajat. Mengingat pelajaran bahasa Jawa yang baru beberapa tahun diajarkan di SMP dimungkinkan akan ada berbagai kesulitan yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa tersebut. Untuk itu, penelitian ini memaparkan bagaimana kesulitan guru bahasa Jawa dalam mengajar bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami guru menyangkut persiapan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Penelitian kualitatif dengan desain penelitian survey ini menggunakan populasi guru bahasa Jawa SMP Negeri Batang yang berjumlah 20 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitan ini adalah kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru Bahasa Jawa SMP Negeri Batang. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dengan empat tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempersiapkan pembelajaran, kesulitan paling banyak yang dialami guru, yaitu dalam hal merumuskan kompetensi dasar dan indikator serta menentukan penggunaan alat/media pembelajaran. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, kesulitan yang paling banyak dialami guru yaitu dalam menggunakan alat/sumber/media pembelajaran dan merespon positif keingintahuan siswa. Kesulitan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran adalah guru kesulitan dalam melaksanakan penilaian proses dan mengumpulkan penilaian. Saran yang dapat direkomendasikan adalah: 1) Bagi guru yang masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jawa diharapkan untuk lebih serius dalam membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa Jawa, baik melalui membaca berbagai sumber literatur yang menunjang maupun melalui kursus-kursus atupun pelatihan-pelatihan yang relevan, 2) Pihak sekolah diharapkan untuk dapat memperhatikan mata pelajaran bahasa Jawa dengan memberikan sarana prasarana pembelajaran bahasa Jawa yang memadai agar guru dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif, dan 3) Bagi penelitian selanjutnya yang sejenis diharapkan untuk lebih spesifik dalam melakukan kajian pada permasalahan kesulitan guru bahasa Jawa dalam pembelajaran seperti kajian pada kesulitan dalam persiapan pembelajaran, kajian pada kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran ataupun kajian pada evaluasi pembelajaran saja agar diperoleh informasi yang mendalam terkait dengan permasalahan yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru, Mengajar Bahasa Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 May 2012 02:03
Last Modified: 11 May 2012 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item View Item