Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Model Quantum Learning Pola TANDUR Kelas IV Sekolah Dasar.


Cahyani Ratna, 1401909071 (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Model Quantum Learning Pola TANDUR Kelas IV Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Model Quantum Learning Pola TANDUR Kelas IV Sekolah Dasar.]
Preview
PDF (Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Model Quantum Learning Pola TANDUR Kelas IV Sekolah Dasar.) - Published Version
Download (114kB) | Preview

Abstract

Menurut hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar Negeri 2 Kalimanggis Temanggung pada mata pelajaran IPA belum memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan. Hal tersebut disebabkan karena : (1) Dalam melaksanakan pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga, (2) Guru dalam proses belajar mengajar tidak menggunakan model – model pembelajaran yang inovatif, (3) Dalam proses belajar mengajar kegiatan guru lebih dominan dibanding dengan kegiatan siswa yanga hanya mendengarkan penjelasan guru saja, (4) Siswa merasa bosan dengan kegiatan belajar mengajar yang mononton. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah model pembelajaran Quantum Learning TANDUR dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam pembelajaran ? (2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning TANDUR dapat meningkatkan aktivitas siswa ? (3) Apakah dengan model pembelajaran Quantum Learning TANDUR dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?. Pemecahan masalah dari perumusan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning TANDUR Tujuan umum penelitian ini adalah : untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA Sd negeri 2 Kalimanggis Temanggung. Tujuan khususnya adalah (1) Untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam pembelajaran IPA model Quantum Learning TANDUR pada siswa kelas IV SD negeri 2 Kalimanggis Temanggung, (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA model Quantum Learning TANDUR pada siswa kelas IV SD negeri 2 Kalimanggis Temanggung, (3) Untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam pembelajaran IPA model Quantum Learning TANDUR pada siswa kelas IV SD negeri 2 Kalimanggis Temanggung. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Sebagai ssubyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD negeri 2 Kalimanggis Temanggung. Teknik pengumpulanb data menggunakan observasi, tes dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ketrampilan guru dalam pembelajaran IPA meningkat. Pada siklus I guru memperoleh nilai rata – rata 28.5 dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II ketrampilan guru mendapat nilai rata – rata 31 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dapat disimpulkan mengalami peningkatan. Pada siklus I mendapat nilai rata - rata 25.89 dengan kriteria baik dan pada siklus II mendapat nilai rata – rata 29.6

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Quantum Learning TANDUR
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 07:44
Last Modified: 25 Apr 2015 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item