Pengembangan Multimedia Pembelajaran interaktif Pada Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Setiabudhi Semarang Tahun Ajaran 2010/2011.


Herman Malinton Malinton, 1102405079 (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran interaktif Pada Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Setiabudhi Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Multimedia Pembelajaran interaktif Pada Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Setiabudhi Semarang Tahun Ajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Pengembangan Multimedia Pembelajaran interaktif Pada Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Setiabudhi Semarang Tahun Ajaran 2010/2011.) - Published Version
Download (140kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan alam adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang mahluk hidup sendiri. Ekosistem dan kelestarianya mengkaji tentang hubungan antar mahluk hidup yang satu dengan mahluk hidup lainnya. Berdasarkan pengalaman selama kegiatan belajar mengajar pada ekosistem dan kelestarianya, siswa kelihatan pasif, kurang bergairah dan kurang antusias. Dari analisis hasil ulangan harian pada materi ekosistem dan kelestarianya tahun pelajaran 2009/2010 pada kelas VII didapatkan rata-rata ulangan harian 68, dengan ketuntasan klasikal sebesar 59%. Melihat kondisi tersebut perlu adanya inovasi media pembelajaran sebagai alat bantu belajar di dalam proses pembelajaran dalam bentuk multimedia pembelajaran interaktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara mengembangkan multimedia pembelajaran interkatif untuk pokok materi ekosistem dan kelestariannya. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif untuk pokok materi ekosistem dan kelestariannya kemudian menguji kelayaknnya. Manfaat dari penelitian ini bagi siswa adalah siswa memiliki media pembelajaran yang bersifat interaktif sehingga membantu mereka untuk bisa belajar mandiri. Selain itu manfaat bagi guru adalah memiliki media pembelajaran yang bisa membantu menyampaikan pokok materi ekosistem dan kelestariannya dengan lebih konkrit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Dalam proses pengembangan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) untuk pokok materi ekosistem dan kelestariannya ini peneliti mengadaptasi model pengembangan yang diungkapkan oleh ADDIE. Tahapan pengembangan dalam model ini melalui lima tahap yaitu analisis, disertasi, defelopment, implementasi, evaluasi . Berdasarkan pada data penelitian hasil pengujian produk MPI. Produk MPI untuk pokok bahasan ekosistem dan kelestariannya dikatakan sesuai dengan kriteria kelayakan multimedia pembelajaran interaktif. Pada pengujian prototype produk MPI kepada ahli materi skor yang diperoleh sebesar 68,5% dari skor maksimal dan pengujian prototype kepada ahli media diperoleh skor sebesar 75% dari skor maksimal. Hasil yang diperoleh pada saat pengujian penggunaan produk MPI untuk pokok materi ekosistem dan kelestariannya dalam proses pembelajaran diperoleh hasil sebesar 78,4% dari skor maksimal. Berdasarkan dari data yang diperoleh di dalam proses pengembangan, produk MPI untuk mata pelajaran biologi pada pokok bahasan ekosistem

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan multimedia pembelajaran, Microsoft Office PowerPoint, Ekosistem dan pelestariannya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 05:59
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item