Model Pembelajaran Think Pair And Share dan Inquiry Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sub Pokok Materi Limas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010.
Onny Untung, Pribadi (2010) Model Pembelajaran Think Pair And Share dan Inquiry Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sub Pokok Materi Limas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Model Pembelajaran Think Pair And Share dan Inquiry Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sub Pokok Materi Limas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010.)
- Published Version
Download (181kB) | Preview |
Abstract
Pribadi, Onny Untung. 2010. Model Pembelajaran Think Pair And Share dan Inquiry Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sub Pokok Materi Limas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unnes. Pembimbing I Drs. Darmo. Pembimbing II Iqbal Kharisudin, S. Pd, M.Sc. Kata kunci: Think Pair and Share, Inquiry Open-ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Sub Pokok Materi Limas. Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Berdasarkan data awal, hampir 50% siswa tidak tuntas belajar. Untuk itu, peran guru sangatlah penting dalam pembelajaran, khususnya pada penerapan model pembelajaran. Model Think Pair and Share dan Inquiry Open-ended merupakan alternatif dalam penelitian ini. Dengan Think Pair and Share dan Inquiry Open-ended diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah sub pokok materi limas sehingga hasil belajar meningkat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ketuntasan belajar kelas dengan model Think Pair and Share dan kelas dengan model Inquiry Open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sub pokok materi limas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2009/2010 tercapai, dan (2) Model pembelajaran manakah yang memiliki rata-rata lebih baik antara kelas dengan model Think Pair and Share dan kelas dengan model Inquiry Open-ended dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika sub pokok materi limas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2009/2010. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 (Think Pair and Share) dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 (Inquiry Open-ended). Berdasarkan uji ketuntasan belajar, diperoleh ketuntasan belajar kelas dengan model Think Pair and Share dan kelas dengan model Inquiry Open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada sub pokok materi limas tercapai. Berdasarkan uji kesamaan rata-rata, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperiemen 1 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar kelas dengan model Think Pair and Share dan kelas dengan model Inquiry Open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2009/2010 tercapai dan rata-rata hasil belajar kelas dengan model Think Pair and Share lebih baik dari kelas dengan model Inquiry Open-ended¬¬ dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair and Share, Inquiry Open-ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Sub Pokok Materi Limas. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 6695 not found. |
Date Deposited: | 08 May 2012 05:02 |
Last Modified: | 08 May 2012 05:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11587 |
Actions (login required)
View Item |