Analisis Kesulitan Mengarang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan Tahun 2009 Unnes
Zuraida Nurul Janah , 2302407042 (2011) Analisis Kesulitan Mengarang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan Tahun 2009 Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Kesulitan Mengarang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan Tahun 2009 Unnes)
- Published Version
Download (520kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa, ada empat aspek kemampuan bahasa, yakni kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Diantara keempat kemampuan bahasa tersebut, kemampuan menulis merupakan kemampuan paling sulit. Hal ini disebabkan karena sebagai kemampuan produktif, baik kemampuan berbicara maupun menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar kebahasaan. Dalam kemampuan menulis, unsur kebahasaan meliputi tata bahasa, kosa kata, struktur kalimat, ejaan, tanda baca, dan berbagai macam aturan tata tulis. Sedangkan unsur diluar kebahasaan yakni hal-hal yang akan menjadi isi karangan itu sendiri. Menulis dalam hal ini mengarang adalah suatu cara untuk mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran, kemudian menuangkannya ke dalam bentuk kalimat- kalimat agar dapat dimengerti oleh pembaca. Berdasarkan pengamatan penulis, kesulitan mengarang terjadi pada sebagian besar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Oleh karena itu penulis bermaksud menganalisis kesulitan apa yang dialami mahasiswa khususnya mahasiswa angkatan 2009 dalam mengarang, apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan mengarang, serta bagaimana mengatasi kesulitan tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesulitan, Mengarang |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jan 2012 03:53 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11482 |
Actions (login required)
View Item |