Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman Le Dernier Jour D’un Condamné karya Victor Hugo


Rifki Eko Wahyudi, 2350405016 (2011) Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman Le Dernier Jour D’un Condamné karya Victor Hugo. Under Graduates thesis, UNNES.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman Le Dernier Jour D’un Condamné karya Victor Hugo] Microsoft Word (Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman Le Dernier Jour D’un Condamné karya Victor Hugo) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

SARI Rifki Eko Wahyudi. 2010. Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman Le Dernier Jour D’un Condamné karya Victor Hugo. Skripsi. Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Dra. Diah Vitri Widyanti, DEA, II. Dra. Anastasia Pudji Astuti, M.Hum. Kata kunci: Roman Le dernier jour d’un condamné, Kepribadian tokoh utama, aspek-aspek kepribadian. Karya sastra dan psikologi memang memiliki pertautan yang erat, secara tak langsung dan fungsional. Pertautan tak langsung, karena baik sastra maupun psikologi memiliki objek yang sama yaitu kehidupan manusia. Psikologi dan sastra mempunyai hubungan fungsional karena sama-sama untuk mempelajari keadaan kejiwaan orang lain, bedanya dalam psikologi gejala tersebut riil, sedangkan dalam sastra bersifat imajinatif. Kepribadian seseorang sudah ada dalam diri manusia itu sendiri dan juga bias berkembang karena lingkungan tempat dia hidup. Dalam ilmu psikologi, kepribadian seseorang dapat dilihat dari aspek-aspek kepribadian. Roman Le dernier jour d’un condamné adalah salah satu roman karya Victor Hugo yang dikarang pada tahun 1832. Roman ini menceritakan tentang seseorang yang hidup di penjara dan divonis hukuman mati. Dia menunggu hari-hari terakhirnya untuk pelaksanaan hukuman tersebut. Ada banyak hal yang dialami oleh tokoh, baik secara psikis maupun secara fisik. Tetapi lebih banyak tekanan psikis yang dialami oleh tokoh pada saat di penjara. Dia sangat tertekan dan sangat putus asa. Hal ini membentuk kepribadiannya karena lingkungan dia hidup. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kepribadian tokoh utama yang dilihat dari aspek-aspek kepribadian yang terkandung dalam roman Le dernier jour d’un condamné karya Victor Hugo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang menerapkan tipe dan hukum-hukum psikologi dalam karya sastra. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pustaka dengan langkah-langkah berikut, membaca berulang-ulang untuk mencari dan menentukan tokoh utama, melakukan pengklasifikasian data ke dalam kelompok yang akan kita kaji, mencatat ke dalam kartu data serta menarik kesimpulan. Dalam menganalisis data digunakan teori aspek-aspek kepribadian yang dikemukakan oleh Klages. Diakhir penelitian ini, saran yang direkomendasikan adalah agar pembaca lebih memahami penelitian tentang tokoh yang berhubungan dengan psikologi sastra sehingga dapat mengembangkannya dengan menggunakan teori yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Roman Le dernier jour d’un condamné, Kepribadian tokoh utama, aspek-aspek kepribadian.
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:12
Last Modified: 15 Dec 2011 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11016

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item