(ABSTRAK) PENGEMBANGAN EXPERIMENTAL WORKSHEET PADA MATERI PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS X DI SMA RSBI


Wina Haryani, 4401406008 (2010) (ABSTRAK) PENGEMBANGAN EXPERIMENTAL WORKSHEET PADA MATERI PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS X DI SMA RSBI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN EXPERIMENTAL WORKSHEET  PADA MATERI PERANAN MANUSIA  DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM  KELAS X DI SMA RSBI]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN EXPERIMENTAL WORKSHEET PADA MATERI PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS X DI SMA RSBI) - Published Version
Download (193kB) | Preview

Abstract

Munculnya program RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) perlu didukung dengan sumber daya manusia dan fasilitas pembelajaran yang relevan termasuk pengadaan bahan ajar yang sesuai dan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru di SMA Negeri 1 Temanggung, diketahui bahwa siswa masih menggunakan buku teks Biologi dan LKS dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia dan belum ada lembar kerja praktikum berbahasa Inggris untuk kegiatan praktikum yang sesuai kelas X. Oleh karena itu perlu dikembangkan panduan praktikum berbahasa Inggris atau experimental worksheet (EW) untuk siswa kelas X RSBI. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk menyusun dan mengetahui kelayakan EW berdasarkan standar bahan ajar menurut BSNP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian adalah guru biologi sebanyak 3 orang dan siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Temanggung. Prosedur penelitian meliputi: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) validasi produk ahli, (5) merevisi produk berdasarkan hasil validasi, (6) uji coba skala kecil, (7) merevisi produk berdasarkan hasil uji coba, (8) uji skala besar, (9) penyempurnaan produk akhir. Data yang diambil adalah data penilaian ahli berdasarkan instrumen penilaian bahan ajar menurut BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), tanggapan guru dan siswa, hasil belajar serta aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan EW. EW dinyatakan sangat layak berdasarkan standar penilaian BSNP dengan persentase validasi sebesar 93,14%. EW dapat diterapkan karena telah memenuhi standar kepraktisan berdasarkan tanggapan guru dan siswa, yaitu memperoleh respon positif sebesar 100% oleh guru dan 90,27% oleh siswa. EW efektif meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 80,58; ketuntasan klasikal sebesar 87,50% dan persentase aktivitas siswa dalam praktikum sebesar 82,08% atau termasuk dengan kriteria “baik” dan “sangat baik”. Dengan demikian berdasarkan validasi pakar, hasil belajar dan aktivitas siswa serta tanggapan guru dan siswa, EW layak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi materi peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem kelas X SMA RSBI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Experimental worksheet, RSBI, keseimbangan ekosistem, hasil belajar, aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2011 01:05
Last Modified: 09 Dec 2011 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

View Item View Item