PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA TERINTEGRASI DENGAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI MIPA SMA
TILFANI DJANIHI, 4201419099 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA TERINTEGRASI DENGAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI MIPA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
|
PDF (skripsi)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan E-Modul Fisika Terintegrasi Dengan PhET Simulation yang layak digunakan untuk pembelajaran alat-alat optik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik SMA kelas XI MIPA. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment. Subjek penelitian 30 peserta didik kelas XI MIPA II sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas XI MIPA IV sebagai kelas kontrol di sekolah SMAN 1 Tilamuta, Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Karakteristik dari produk media pembelajaran yang dikembangkan yaitu, e-modul fisika terintegrasi dengan PhET Simulation disajikan dalam setiap halaman bagian dalam media antara yaitu, pada media terdapat materi alat optik dari pengertian, pendapat para ahli, besaran-besaran dan persamaan yang terdapat pada materi alat optik, terdapat uji coba sederhana, praktikum menggunakan website PhET Simulation dan latihan soal untuk melatih kemampuan peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tambahan seperti latihan soal dalam bentuk kuis menggunakan kahoot agar peserta didik tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Kelayakan materi pada media yang dikembangkan yaitu e-modul fisika terintegrasi dengan PhET Simulation dilihat dari hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli materi dan media bahwa persentase kelayakan materi pada media tersebut 83% berkriteria sangat tinggi dan hasil kelayakan media yang diperoleh persentase 77% berkriteria tinggi. Kemudian kelayakan hasil yang ditinjau dari kelas eksperimen yang merupakan kelas implementasi atau melalui angket respon peserta didik yaitu diperoleh hasil 88,3% kriteria sangat baik serta dari hasil uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui lima indikator kemampuan berpikir kritis diperoleh persentase 72% berkriteria cukup efektif. Dari hasil kelayakan materi dan media oleh tim ahli materi dan media kemudian hasil tanggapan melalui angket respon peserta didik serta hasil dari peningkatan kemampuan berpikir kritis maka, dapat dikatakan e-modul fisika terintegrasi dengan PhET Simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik materi alat-alat optik layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dancukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
| Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-modul, PhET Simulation, Berpikir Kritis, Alat-alat Optik |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
| Depositing User: | Abadi M. Kholid Baror |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 04:10 |
| URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/69014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
