PENERAPAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PAMEDARAN 02 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES

ROHMANAH , 1402908202 (2011) PENERAPAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PAMEDARAN 02 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Rohmanah, 2010. Penerapan Medai Gambar Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa SD Negeri Pamedaran 02 Kecmatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : 1. Drs. HY. Poniyo, M. Pd; 2. Drs. Suwandi, M. Pd. 128 halaman. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media Gambar Kemampuan menulis merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tanpa menguasai keterampilan menulis, maka akan mengalami kesulitan di masa mendatang atau tingkat sekolah lanjutannya. Penulis ingin mencari pemecahan masalah, mengingat rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa, sehingga penelitian ini dititikberatkan pada keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SD Negeri Pamedaran 02 melalui penerapan media gambar. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Negeri Pamedaran 02Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes sebanyak 28 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif adalah tes essai menulis karangan deskripsi, melalui penerapan media gambar. Sedangkan data yang dianalisis secara kualitatif adalah data nontes yang yang diperoleh dari pemantauan serta perubahan yang dilakukan pada waktu pengamatan, wawancara siswa, dan hasil jurnal siswa. Langkah menganalisis data kualitatif ini adalah dengan menganalisis lembar observasi yang telah diisi pada saat pembelajaran dan mengklasifikasikannya. Skor yang dicapai mengalami peningkatan, pada pratindakan skor rata-rata adalah 63,8. Pada siklus I pembelajaran menulis desksipsi melalui media gambar skor rata-rata72,4. Pada siklus II skor rata-rata78,4 yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 6,0%. Dari pratindakan mengalami peningkatan sebesar 8,6%. Sehingga dari pratindakan mengalami peningkatan sebesar 14,6%. Siswa kelas IV SD Negeri Pamedaran 02 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes merasa senang dengan penerapan media gambar, dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Siswa lebih antusias dalam menulis karangan deskripsi, karena dengan media gambar mereka lebih cepat dalam menentukan tema, dan berimajinasi. Dalam pembelajaran siswa tidak mengalami kesulitan dan tidak bosan. Pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui penerapan media gambar mampu mengubah perilaku siswa. Perubahan perilaku tersebut terlihat pada kesenangan dan keantusiasan siswa dalam menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Media Gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 00:11
Last Modified: 29 Nov 2011 00:11

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item