PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I BATANG TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Bentuk – Bentuk Muka Bumi)

Dini Herguhtya Pratiwi , 1102404019 (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I BATANG TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Bentuk – Bentuk Muka Bumi). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I BATANG TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Bentuk – Bentuk Muka Bumi ))
Download (1020Kb)

    Abstract

    Dalam proses pembelajaran, guru harus dapat melakukan pembelajaran inovatif yang menekankan pada keaktifan siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah dengan model pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini, dipilih model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dapat melatih siswa untuk memahami pelajaran secara mendalam melalui sistem kerja sama tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batang pada mata pelajaran geografi materi pokok bentuk – bentuk muka bumi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Batang tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 6 kelas, kemudian diadakan pengambilan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu diambil kelas VII A 10 siswa dan VII E 10 siswa atas dasar hasil pre tes yang sama. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII A dan sebagai kelas kontrol kelas VII E. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini telah diuji cobakan yaitu berupa 40 butir soal pilihan ganda. Proses pembelajaran kedua kelompok ini dikenai perlakuan yang berbeda, proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model diskusi kelas. Proses pembelajaran ini berakhir dengan pemberian tes hasil belajar pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan proses pembelajaran jigsaw dengan diskusi kelas terletak pada siklusnya. Jigsaw mempunyai empat siklus yaitu membaca, diskusi kelompok ahli, laporan tim dan tes, sedangkan diskusi kelas mempunyai siklus antara lain, menyampaikan tujuan dan mengatur setting, mengarahkan diskusi, menyelenggarakan diskusi, mengakhiri diskusi, dan melakukan tanya jawab singkat tentang diskusi. Penelitian juga menghasilkan preatasi belajar yang berbeda dan dinyatakan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik (nilai rata-rata 85,40) dari pada prestasi belajar siswa kelompok kontrol (nilai rata-rata 79,10). Nilai tes belajar materi pokok bentuk – bentuk muka bumi dari analisis data menggunakan uji-t statistik diperoleh t hitung yaitu (2,070) dengan taraf signifikansi α = 5% diperoleh t tabel yaitu (1,73). ix Karena t hitung > t tabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. maka dinyatakan bahwa bahwa pembelajaran geografi materi bentuk-bentuk muka bumi dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran diskusi kelas, dari penolakan ini berarti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw memperoleh hasil yang lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran diskusi kelas. Disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS Geografi di sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, jigsaw, prestasi belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Apr 2011 03:39
    Last Modified: 05 Apr 2011 03:39

    Actions (login required)

    View Item