MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI I BANGSRI TAHUN AJARAN 2009/2010

Susi Susanti, 3101406009 (2011) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI I BANGSRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

Abstract

SARI Susanti, Susi. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam Dan Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri I Bangsri Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal, Hasil Belajar. Pembelajaran di kelas XI IPS I SMA Negeri I Bangsri masih kurang kondusif, siswa masih kurang memperhatikan, kurang berminat dalam belajar, kurang mendengarkan penjelasan dari guru, sering mengantuk dan lebih memilih beraktivitas sendiri yang justru tidak berhubungan dengan pembelajaran. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran sejarah kurang menarik dan materi terlalu banyak. Kondisi tersebut mengakibatkan siswa menjadi malas belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi rendah. Penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, siswa diharapkan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri I Bangsri tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS I yang berjumlah 41 siswa. Siswa dikatakann tuntas belajar jika mendapat nilai minimal ≥ 70,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 75 % dari jumlah siswa yang ada di kelas. Hasil belajar siswa sebelum diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 64,60 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 46,34%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,53 dengan persentase ketuntasan klasikal 63,41%. Pada siklus I nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal belum mencapai indikator. Pada siklus II telah mengalami peningkatan dari siklus I, dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 90,25% dari jumlah siswa satu kelas dan nilai rata-rata mencapai 75,36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran teknik berkirim salam dan soal ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kreativitas guru perlu lebih ditingkatkan lagi untuk menjadikan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dapat lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 04:20
Last Modified: 27 Nov 2011 04:20

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item