Pengaruh kemampuan dasar akuntansi, kontinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Widya Praja Ungaran

Sri Mulyani, 7101406065 (2011) Pengaruh kemampuan dasar akuntansi, kontinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Widya Praja Ungaran. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Sri Mulyani.2010.Pengaruh kemampuan dasar akuntansi, kontinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Widya Praja Ungaran.Jurusan Pendidikan Akuntansi.Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I. Drs. Sukirman, M.Si. pembibing II. Indah Anisykurlilah, SE,M.Si. Akt. Kata kunci: kemampuan Dasar Akuntansi, Kontinuitas Belajar, Minat Mengambil Kompetensi Keahlian Akuntansi, Prestasi Belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor intern dan faktor ekstern (Slameto). Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah kemampuan dasar akuntansi, kontinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial kemampuan dasar akuntasi, kuntinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi SMK Widiya Praja Ungaran yang berjumlah 55 responden. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini meliputi kemampuan dasar akuntansi (Xi), kontinuitas belajar (X2), minat mengambil keahlian akuntansi (X3) dan prestasi belajar (Y). metode analisis data menggunakan uji prasyarat anilis regresi, uji asumsi klasi dan uji analisis regresi berganda. Hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperolah persamaan Y= 10.319+0.295X1+0.296X2+0.212X3. secara silmultan diperolah Fhitung 31.849 dengan probabilitas 0.000.<0.005. secara parsial thitung untuk kemampuan dasar akuntansi sebesar 3.862 dengan probabilitas 0.000<0.005. Nilai thitung untuk kontinuitas belajar sebesar 3.793 dengan probabilitas 0.000<0.005. Nilai thitung untuk minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi sebesar 2.711 dengan probalitias 0.009<0.005. Sumbangan secara parsial kemampuan dasar akuntansi kontinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar sebesar 22.65%, 21.99% dan 32.38% secara simultan kemampuan dasar akuntansi, kontinuitas belajar dan minat mengambil keahlian akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 63.2%. Simpulan secara parsial dan simultan kemampuan dasar akuntansi, kontinuitas belajar dan minat mengambil kompetensi keahlian akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat penulis berikan yaitu siswa diharapkan lebih memahami secara mendalam semua mata pelajaran khususnya pelajaran akuntansi, mengatur waktu belajar dan belajar secara teratur serta hendaknya selalu memupuk dan meningkatkan minatnya pada kompetensi keahlian akuntansi. Bagi guru dan sekolah diharapkan dapat lebih selektif dalam memilih input siswa yang akan masuk kompetensi keahlian akuntansi, menerapkan kontinuitas belajar yang baik dan dalam proses penjurusan hendaknya memperhatikan minat dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Dasar Akuntansi, Kontinuitas Belajar, Minat Mengambil Kompetensi Keahlian Akuntansi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 04:25
Last Modified: 27 Nov 2011 04:25

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item