Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pengajaran Geografi Pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen.

Hari Awang Pamungkas, 3201403030 (2011) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pengajaran Geografi Pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen. Under Graduates thesis, UNNES.

This is the latest version of this item.

Abstract

ABSTRAK Hari Awang Pamungkas, 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pengajaran Geografi Pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Sunardi, M.M, Pembimbing II : Drs. Suroso, M.Si. Kata Kunci : Pemanfaatan, Media TI, Pembelajaran Geografi Dalam satu metode pengajaran yang dinilai efektif menyampaikan materi secara optimal ialah pengajaran menggunakan media. Namun pada kenyataannya, belum semua guru memanfaatkan berbagai sumber informasi yang ada untuk digunakan sebagai salah satu sarana pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah ketersediaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen? (2) Bagaimanakah tingkat pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui ketersediaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen.(2)Untuk mengetahui tingkat pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Sragen. Sampel dalam penelitian ini guru geografi diambil seluruhnya sebagai sampel atau total sampling. Variabel dalam pemelitian ini ada dua variabel yaitu pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi, dan ketersediaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket atau kuesioner dan observasi. Ketersediaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen masih rendah. Meskipun disetiap sekolah terdapat komputer namun penggunaannya khusus untuk pelajaran teknologi informasi dan komputer sehingga guru geografi belum mendapatkan kesempatan memanfaatkan sebagai media pembelajaran. Ruang multimedia hanya dimiliki oleh dua SMA dari sepuluh SMA Negeri yang ada. Tingkat pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pengajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Sragen masih kurang baik yaitu sebanyak 70% guru, selebihnya 20% guru memanfaatkan secara cukup baik dan 10% dalam kriteria baik. Rendahnya pemanfaatan media tersebut bukan karena tingkat pengetahuan guru terhadap media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang rendah namun karena kurangnya sarana dan prasarana pendukung. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran untuk berbagai pihak antara lain: 1) Pihak pengelola sekolah SMA Negeri di Kabupaten Sragen perlu menambah jumlah media pembelajaran berbasis teknologi informasi sehingga para guru dapat memanfaatkan untuk pembelajaran.2) Guru lebih meningkatkan lagi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media TI, Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 03:19
Last Modified: 23 Nov 2011 03:20

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item