PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK BISNIS DAN MANAJEMEN SE KABUPATEN WONOSOBO

Suprapti, 3301405041 (2011) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK BISNIS DAN MANAJEMEN SE KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Suprapti. 2010. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi SMK Bisnis Dan Manajemen Se Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Agus Wahyudin, M.Si. II. Drs. Gunawan Hadi SH. CN. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar. Keberhasilan kegiatan proses belajar mengajar dapat diukur dengan berhasil tidaknya tujuan yang telah ditetapkan. Pencapaian tujuan belajar biasanya diukur dengan berhasil tidaknya dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar berperan sebagai gambaran pemahaman siswa terhadap bidang studi yang dipelajarinya. Namun pada kenyataannya tidak semua siswa mampu mencapai prestasi belajar secara maksimal. Seperti kita ketahui dalam mencapai prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai factor, salah satunya adalah guru. Guru yang kompeten akan mampu menciptakan kondisi belajar yang optimal. Kompetensi yang dimiliki guru sangat menentukanberhasil tidaknya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, dan akan berpengaruh pada pencapaian prestasi belajar siswa. Cara pandang yang berbeda akan menimbulkan persepsi yang berbeda pada kompetensi yang dimiliki guru, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh kompetensi pedagogik dan professional guru terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen se kab. Wonosobo secara simultan maupun parsial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan professional guru terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen se kab. Wonosobo. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Rumpun Bisnis dan Manajemen di Kab. Wonosobo yang berjumlah 280 siswa. Pengambilan sampel berjumlah 165 siswa dilakukan dengan metode proporsional random sampling dengan cara acak. Ada 3 variabel dalam penelitian ini yaitu: Kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan prestasi belajar akuntansi siswa sebagai vaiabel terikat. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru secara simultan sebesar 45,4 %. Secara parsial besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar adalah sebesar 35,7 % sedangkan pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,7 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil simpulan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Oleh karena itu, peneliti menyampaikan beberapa saran agar hasil belajar siswa lebih meningkat, guru hendaknya lebih meningkatkan kompetensi yang telah dimilikinya. Sedangkan siswa diharapkan lebih memperhatikan guru selama proses belajar mengajar berlangsung, serta lebih banyak belajar memecahkan soal – soal Akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 03:17
Last Modified: 23 Nov 2011 03:17

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item