Hubungan kelentukan otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan bola titik pinalti jarak 10 meter permainan futsal pada siswa peserta ekstrakurikuler di SMK Palapa Mijen Semarang Tahun Pembelajaran 2008/2009”.

Rudi Gunawan, 6301404115 (2009) Hubungan kelentukan otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan bola titik pinalti jarak 10 meter permainan futsal pada siswa peserta ekstrakurikuler di SMK Palapa Mijen Semarang Tahun Pembelajaran 2008/2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan kelentukan otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan bola titik pinalti jarak 10 meter permainan futsal pada siswa peserta ekstrakurikuler di SMK Palapa Mijen Semarang Tahun Pembelajaran 2008/2009”.) - Published Version
Download (932Kb)

    Abstract

    Permasalahan penelitian adalah : 1) Apakah ada hubungan kelentukan otot tungkai dengan kecepatan hasil tendangan? 2) Apakah ada hubungan kekuatan otot tungkai dengan kecepatan hasil tendangan? 3) Apakah ada hubungan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan? 4) Apakah ada hubungan kelentukan otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Hubungan kelentukan otot tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. 2) Hubungan kekuatan otot tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. 3) Hubungan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. 4) Hubungan kelentukan otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. Metode penelitian menggunakan survey test. Populasi penelitian siswa peserta ekstrakurikuiler futsal SMK Palapa Mijen yang berjumlah 20 siswa. Semua populasi dijadikan sampel. Metode pengolahan data menggunakan penghitungan-penghitungan statistik. Sebelum dilakukan uji sumbangan, dilakukan uji persyaratan analisis yakni 1) uji normalitas menggunakan kolmogorov-Smirnov tes, 2) Uji Homogenitas menggunakan Chi-Square dan 3) untuk uji linieritas garis regresi dengan melihat nilai F, 4) Uji keberartian model. Uji hubungan dengan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Pengolahan data dengan komputerisasi dengan sistem SPSS versi 10. Hasil penelitian adalah : 1) Korelasi kelentukan otot tungkai dengan kecepatan tendangan diperoleh angka sebesar 0.031 dan nilai signifikansi sebesar 0.896, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan atau korelasi antara kelentukan otot tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. 2) Untuk kekuatan otot tungkai dengan kecepatan laju bola, angka korelasi sebesar - 0.216 < 0.5 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. 3) Untuk panjang tungkai menunjukkan hasil angka korelasi sebesar - 0.210 < 0.5, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan kecepatan hasil tendangan. 4) Untuk semua variabel menunjukkan bila dilihat dengan uji regresi ganda diperoleh nilai F hitung sebesar 0.188 dengan nilai signifikansi sebesar 0.903 > 0.05. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan. Saran penelitian ialah : 1) Kepada Pembina, pelatih, dan pemain futsal SMK Palapa Mijen Semarang harap diperhatikan bahwa walau tidak ada hubungan yang signifikan, tetapi bukan berarti latihan untuk ketiga variabel tersebut boleh diabaikan. Pemberian beban latihan pada program latihan agar ada peningkatan kekuatan khususnya otot tungkai sehingga menghasilkan tendangan yang lebih baik. 2) Bagi peneliti yang lebih lanjut disarankan untuk mengadakan penelitian dengan menggunakan kekuatan maksimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Apr 2011 03:50
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:12

    Actions (login required)

    View Item