Sumbangan Otot Tungkai, Panjang Tungkai Dan Panjang Lengan Terhadap Hasil Tembakan Three Point Dalam Permainan Bola Basket Siswa Putra Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010.

Fadhlullah A’la, 6301405049 (2009) Sumbangan Otot Tungkai, Panjang Tungkai Dan Panjang Lengan Terhadap Hasil Tembakan Three Point Dalam Permainan Bola Basket Siswa Putra Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Sumbangan Otot Tungkai, Panjang Tungkai Dan Panjang Lengan Terhadap Hasil Tembakan Three Point Dalam Permainan Bola Basket Siswa Putra Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010.) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Sumbangan daya ledak otot tungkai, panjang tungkai dan panjang lengan terhadap hasil tembakan three point dalam permainan bola basket pada siswa putra peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 blora tahun pelajaran 2009/2010. Dalam Penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah berapa besar sumbangan daya ledak otot tungkai, panjang tungkai dan panjang lengan terhadap hasil tembakan three point dalam permainan bola basket. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya sumbangan antara daya ledak otot tungkai, panjang tungkai dan panjang lengan dengan hasil tembakan three point dalam permainan bola basket siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 1 blora tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran untuk memperoleh data hasil tinggi lompatan, panjang tungkai, panjang lengan dan tembakan three point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra peserta ekstrakulikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Blora 2009 yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel dengan cara teknik total sampling yaitu mengikutsertakan semua individu atau anggota populasi menjadi sampel dimana diambil sampel sebanyak 20 siswa. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial daya ledak otot tungkai memberi sumbangan terhadap hasil tembakan three point sebesar 88%, panjang tungkai memberi sumbangan terhadap hasil tembakan three point sebesar 85,3%, sedangkan panjang lengan memberi sumbangan sebesar 78,8% terhadap hasil tembakan three point. Secara simultan daya ledak otot tungkai, panjang tungkai, dan panjang lengan memberi sumbangan terhadap hasil tembakan three point sebesar 86,98% sedangkan sisanya 13,02% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan yang berguna bagi pelatih bola basket dalam melaksanakan program latihan terutama dalam melakukan latihan tembakan three point dalam permainan bola basket, sebagai bahan perbandingan dalam peningkatan dan pengembangan dalam pelatihan bola basket di SMA Negeri 1 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010, dapat membantu mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan khususnya mahasiswa jurusan PKLO yang akan mendalami tentang ilmu bola basket, dan dapat digunkan sebagai pertimbangan bagi peneliti yang akan datang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 04 Apr 2011 03:24
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:12

    Actions (login required)

    View Item