Implementasi Profesionalisme Guru Sosiologi Bersertifikat Pendidik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang

Murdiyanti , 3501407045 (2011) Implementasi Profesionalisme Guru Sosiologi Bersertifikat Pendidik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Profesionalisme Guru Sosiologi Bersertifikat Pendidik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang) - Published Version
Download (2950Kb)

    Abstract

    Guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru yang disertai dengan kesejahteraan guru adalah sertifikasi. Dengan kebijakan tersebut, guru Sosiologi berbondong-bondong mengikuti proses penilaian sertifikasi. Paska tersertifikasi, guru terus berupaya dengan berbagai cara untuk meningkatkan profesionalisme. Ada kalanya juga guru mengalami hambatan-hambatan untuk meningkatkan kompetensi agar mencapai profesionalisme guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah cara guru Sosiologi dalam meningkatkan profesionalisme paska sertifikasi? (2) Apakah sertifikasi dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial guru Sosiologi? (3) Bagaimanakah hambatan guru Sosiologi yang tersertifikasi untuk menjadi profesional?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Cara guru Sosiologi dalam meningkatkan profesionalisme paska sertifikasi (2) Apakah sertifikasi dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial guru Sosiologi (3) Hambatan guru Sosiologi yang tersertifikasi untuk menjadi profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di SMA negeri se-kabupaten Batang yang mempunyai guru Sosiologi bersertifikat pendidik. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 5 guru sosiologi bersertifikat pendidik dan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Batang, SMA Negeri 2 Batang, SMA Negeri 1 Bandar dan SMA Negeri 1 Bawang. Sebagai data pendukung juga dilengkapi dengan observasi proses kegiatan guru dalam pembelajaran, dokumendokumen yang berkaitan dengan penelitian serta berupa foto. Teknik triangulasi dengan sumber digunakan untuk menunjukkan keabsahan data. Data penelitian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guru memiliki motivasi dan cara yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme antara lain dengan aktif keanggotaan MGMP dan mengikuti kegiatan ilmiah yang diselenggarakan MGMP Sosiologi kabupaten Batang, aktif kepanitiaan dan guru pemandu, menjadi pendamping dan pembimbing kegiatan siswa dan aktif dalam organisasi kependidikan dan sosial. (2) Pada kompetensi pedagogik, guru terlihat mantap saat mengajar, guru mengembangkan pembelajaran yang inovatif, guru selalu berusaha untuk memahami karakteristik siswa dan guru melakukan evaluasi. Pada kompetensi profesional, guru mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Pada kompetensi kepribadian, guru bertindak sesuai dengan norma dan menjunjung tinggi kode etik profesi dan menjadi teladan bagi siswa, teman sejawat dan masyarakat. Pada kompetensi sosial, guru dapat menjaga komunikasi yang baik dengan siswa, kepala sekolah, sesama rekan guru, karyawan sekolah dan juga orang tua siswa serta dapat memposisikan diri sesuai situasi dan kondisi. 3) Terdapat faktor yang menghambat profesionalisme guru Sosiologi bersertifikat pendidik yaitu sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah belum maksimal karena disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sekolah; karakteristik siswa mayoritas SMA negeri di kabupaten Batang berada di pedesaan dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Cara guru untuk peningkatan profesionalisme paska tersertifikasi antara lain dengan aktif keanggotaan MGMP dan mengikuti kegiatan ilmiah yang diselenggarakan MGMP Sosiologi kabupaten Batang, aktif kepanitiaan dan guru pemandu, menjadi pendamping dan pembimbing kegiatan siswa dan aktif dalam organisasi kependidikan dan sosial (2) Sertifikasi guru berpengaruh baik terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Kompetensi kepribadian dan sosial guru tidak dipengaruhi oleh adanya sertifikasi. (3) Faktor-faktor yang menghambat profesionalisme guru yaitu sarana dan prasarana sekolah yang belum maksimal dan karakteristik siswa di SMA Negeri Se-kabupaten Batang yang mayoritas tinggal di pedesaan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagi guru Sosiologi bersertifikat pendidik harus dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. (2) Bagi sekolah harus dapat meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang profesionalisme guru yang sudah tersertifikasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: implementasi, profesionalisme guru, sertifikasi
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 21 Nov 2011 19:06
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:21

    Actions (login required)

    View Item