Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian di SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010 / 2011

Nikmah Khoiroh , 7101407199 (2011) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian di SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian di SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010 / 2011) - Published Version
Download (4029Kb)

    Abstract

    Usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Ungaran pada mata pelajaran akuntansi yang belum optimal dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih mengedepankan keaktivan siswa dan menggunakan bantuan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dukungan media pembelajaran yang inovatif, berbasis teknologi dan menarik dapat diperoleh dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar? 2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash lebih efektif dibanding dengan model konvensional?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar serta lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah 164 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPS 5 dan XI IPS 4 yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh rata – rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash mengalami kenaikan sebesar 28,44 yaitu dari rata – rata awal sebesar 50,81 menjadi 79,25 dan lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan prestasi belajar pada siswa dengan model pembelajaran konvensional yang hanya mengalami kenaikan sebesar 21,34 yakni dari rata – rata awal 51,28 menjadi 72,62. Hasil uji paired sample t test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan rata – rata prestasi belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash antara sebelum dan setelah perlakuan. Hasil uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 sehingga H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata – rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 79,25 dibandingkan dengan 72,62. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa serta lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan macromedia flash sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Macromedia Flash, Model Pembelajaran Konvensional, Prestasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 20 Nov 2011 22:56
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:21

    Actions (login required)

    View Item