Penerapan Permainan Bola Tangan Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Bola Tangan Melalui Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangrandu Pecangaan Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2010/2011.

Mukhamad Khamdun , 6101406560 (2011) Penerapan Permainan Bola Tangan Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Bola Tangan Melalui Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangrandu Pecangaan Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Permainan Bola Tangan Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Bola Tangan Melalui Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangrandu Pecangaan Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2010/2011.) - Published Version
Download (576Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan permainan bola tangan modifikasi terhadap hasil belajar bola tangan melalui model pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Karangrandu Pecangaan Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/2011. Metode pokok yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data nama siswa kelas V dan observasi (pengamatan) yang digunakan untuk memperoleh data keterampilan siswa yang meliputi aspek psikomotor dan aspek afektif siswa, sedangkan angket diberikan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi modifikasi bola tangan dan tanggapan atau respon siswa terhadap modifikasi bola tangan. Data hasil pengamatan unjuk kerja psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 68,75% (cukup baik) dan mengalami kenaikkan pada siklus II yang mencapai 84,72 % (baik), hasil dari kedua siklus tersebut kemudian dianalisis dengan rumus Hake’s normalized gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,5% dengan kriteria sedang (middle gain). Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 72,92 % (cukup baik) pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 88,89 % (baik) setelah dianalisis dengan rumus Hake’s normalized gain kemudian mengalami peningkatan sebesar 0,57 % dengan kriteria sedang (middle gain). Data hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) siklus I sebesar 77,13 % (baik), siklus II 88,80 % (baik) setelah dianalisis dengan rumus Hake’s normalized gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,51 % dengan kriteria sedang (middle gain). Sedangkan untuk tanggapan siswa atau respon siswa terhadap modifikasi permainan bola tangan pada siklus I sebesar 88,06 % (baik) sedangkan pada siklus II sebesar 98,87 % (baik). Secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek pernyataan dalam angket mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, terbukti bahwa permainan bola tangan modifikasi melalui model pembelajaran jasmani dapat meningkatkan hasil belajar bola tangan siswa. Oleh sebab itu, guru Penjas Orkes peneliti sarankan untuk menggunakan permainan bola tangan modifikasi sebagai salah satu alternatif pembelajaran bola tangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: permainan bola tangan modifikasi, hasil belajar, dan model pembelajaran
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 Apr 2011 23:54
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:11

    Actions (login required)

    View Item