PENGARUH PENYUSUNAN PROGRAM PENGAJARAN, PELAKSANAAN PROGRAM PENGAJARAN, DAN EVALUASI BELAJAR MENGAJAR GURU AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMA SE-RAYON SEMARANG

Mareta Supriyani , 330103176 (2010) PENGARUH PENYUSUNAN PROGRAM PENGAJARAN, PELAKSANAAN PROGRAM PENGAJARAN, DAN EVALUASI BELAJAR MENGAJAR GURU AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMA SE-RAYON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Supriyani, Mareta. 2010. Pengaruh Penyusunan Program Pengajaran, Pelaksanaan Program Pengajaran, dan Evaluasi Belajar Mengajar Guru Akuntansi terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMA Se-Rayon Semarang. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Subowo, M.Si, Pembimbing II. Drs. Fachrurrozie, M.Si. Kata Kunci : Penyusunan program pengajaran, Pelaksanaan Program Pengajaran, Evaluasi Belajar Mengajar, Hasil Belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang berkontribusi dalam pencapaian hasil belajar adalah kompetensi guru yang meliputi penyusunan program pengajaran, pelaksanaan program pengajaran, dan evaluasi belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penyusunan perencanaan pengajaran, pelaksanaan program pengajaran, dan evaluasi belajar mengajar guru akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA se-rayon Semarang, (2) Seberapa besar pengaruh penyusunan perencanaan pengajaran, pelaksanaan program pengajaran, dan evaluasi belajar mengajar guru akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA Se-rayon Semarang. Populasi penelitian ini adalah guru Akuntansi SMA di wilayah rayon Semarang yang berjumlah 76 orang guru. Pengambilan sampel berjumlah 30 guru dilakukan dengan Two Stage Cluster Sampling, dalam penelitian ini ada 3 (tiga) variabel yang diteliti, yaitu: (1) penyusunan program pengajaran, (2) pelaksanaan program pengajaran, (3) evaluasi belajar mengajar. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan alat bantu SPSS for windows release 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisis deskripsi persentase didapatkan penyusunan program pengajaran dalam kategori tinggi yaitu sebesar 40 % pada letak rentang skor 85-100 dan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 50% pada rentang skor 69-84, pelaksanaan program pengajaran dalam kategori tinggi yaitu sebesar 53% pada rentang skor 69-84, dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 33% pada rentang skor 85-100 dan dalam kategori cukup yaitu sebesar 13% pada rentang skor 53-68 dan evaluasi belajar mengajar dalam kategori tinggi yaitu sebesar 47% pada letak rentang skor 69-84, kategori sangat tinggi yaitu sebesar 37% terletak pada rentang skor 85-100. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penyusunan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyusunan program pengajaran, Pelaksanaan Program Pengajaran, Evaluasi Belajar Mengajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 06:40
Last Modified: 20 Nov 2011 06:40

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item