Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga Dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kota Pekalongan

Muhammad Kharis Khabib, 6101406612 (2011) Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga Dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga Dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kota Pekalongan) - Submitted Version
Download (516Kb)

    Abstract

    Persepsi yang baik terhadap pelajaran penjaskes diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajarnya dan dapat merubah cara belajar siswa dari belajar pasif menjadi belajar aktif sehingga dapat lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Persepsi yang sempit dan keliru terhadap pendidikan jasmani akan mengakibatkan nilai-nilai luhur dan tujuan pendidikan yang terkandung didalamnya tidak akan tercapai.. Konsep dasar pendidikan dan model pengajaran pendidikan jasmani yang efektif perlu dipahami bagi orang yang hendak mengajar pendidikan jasmani.Bertumpu pada uraian yang telah dijelaskan, maka timbul suatu pertanyaan bagaimana persepsi siswa terhadap mata pelajaran penjasorkes. Untuk itu penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul: “ Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan di SMA Negeri se-Kota Pekalongan Tahun 2010 ” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas x terhadap pelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan di SMA Negeri se-Kota Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri se-Kota Pekalongan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah populasi siswa kelas X yang berjumlah 933 siswa dengan sampel sebanyak 141 siswa. Metode pokok dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dengan metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data nama siswa kelas X, metode observasi (pengamatan) yang digunakan untuk memperoleh catatan deskriptif terhadap latar belakang dan semua kegiatan yang terkait dengan persepsi siswa kelas x terhadap pelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan, untuk memperoleh data yang akurat. Data hasil penelitian diperoleh hasil yang cukup memuaskan dimana (87%) 123 siswa kelas X beranggapan bahwa nilai persepsi siswa tentang pelajaran penjasorkes adalah baik, dan (13%) 18 siswa beranggapan sangat baik. keseluruhan nilai yang diperoleh dari angket.dengan menggunakan rumus statistik Koofisien Korelasi Produck Moment dan menggunakan rumus reliabilitas internal dengan rumus alpha. Kemudian dianalisis secara deskriptif presentase. Dari penelitian dan pembahasan, maka ditarik simpulan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Se- Kota Pekalongan memiliki hasil yang positif, karena metode pembelajaran yang diberikan sudah variatif dan inovatif. sehingga mampu memberikan pengaruh positif untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Olaharaga, Kesehatan, Persepsi Siswa
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 03 Apr 2011 22:35
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:11

    Actions (login required)

    View Item