PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 WELERI TAHUN AJARAN 2009/2010

Marliya Nur Hasanah, 3101406510 (2011) PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 WELERI TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 WELERI TAHUN AJARAN 2009/2010)
Download (167Kb)

    Abstract

    Marliya Nur Hasanah. 2010. Penggunaan Cooperative Learning Dengan Model Pembealjaran Think Talk Write Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XA SMA Muhammadiyah 01 Weleri Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran Think Talk Write Pembelajaran sejarah di kelas XA SMA Muhammadiyah 01 Weleri, hanya menggunakan metode ceramah menyebabkan siswa kurang tertarik pada mata pelajaran ini. Untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan menggunakan model pembelajaran yang lebih variatif lagi, salah satunya adalah strategi Think Talk Write, dalam model ini lebih menekankan pada peran aktif siswa sehingga diharapkan setelah menerapkan model ini hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 01 Weleri Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010”? Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 01 Weleri, Kabupaten Kendal pada semester II tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Berdasarkan hasil prasiklus diketahui ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 56,6%, dengan rata-rata nilai 63,02. Setelah menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 16,4% yakni 73,6% dengan rata-rata 69,7 dan mengalami kenaikan sebesar 6,68. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa kelas yang telah mendapatkan tindakan ketuntasan belajar siswa lebih tinggi, akan tetapi ketuntasan ini belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 75%, oleh sebab itu diperlukan adanya siklus 2. Hasil penelitian pada siklus 2 rata-rata kelas mencapai 72,9 mengalami kenaikan sebesar 3,2 dan tingkat ketuntasan belajar mencapai 86% mengalami kenaikan sebesar 13%. Dari Hasil penelitian siklus 2 sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu nilai yang didapatkan lebih dari 65 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran sejarah di kelas. Guru senantiasa memberikan penghargaan kepada setiap aktivitas siswa pada proses pembelajaran karena dapat memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar yang optimal serta mampu meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide dalam proses pembelajaran

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran Think Talk Write
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: Users 3314 not found.
    Date Deposited: 17 Nov 2011 19:18
    Last Modified: 17 Nov 2011 19:18

    Actions (login required)

    View Item