Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Hasil Tembakan Bebas pada Pemain Putra UKM Bola Basket UNNES Tahun 2007.

Muhamad Herman Juliyanto Nuriman HS, 6101403074 (2007) Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Hasil Tembakan Bebas pada Pemain Putra UKM Bola Basket UNNES Tahun 2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Hasil Tembakan Bebas pada Pemain Putra UKM Bola Basket UNNES Tahun 2007.) - Published Version
Download (2795Kb)

    Abstract

    Permasalahan penelitian adalah : 1) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil kemampuan melakukan tembakan bebas dalam permainan bola basket pada pemain putra UKM bola basket UNNES tahun 2007?, Apakah ada hubungan antara daya ledak otot tungkai dengan hasil kemampuan melakukan tembakan bebas dalam permainan bola basket pada pemain putra UKM bola basket UNNES tahun 2007?, dan 3) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan, daya ledak otot tungkai dengan hasil kemampuan melakukan tembakan bebas pada pemain putra UKM bola basket UNNES tahun 2007?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil kemampuan melakukan tembakan bebas dalam permainan bola basket, 2) Untuk mengetahui daya ledak otot tungkai dengan hasil kemampuan melakukan tembakan bebas dalam permainan bola basket, dan 3) Untuk mengetahui kekuatan otot lengan dan daya ledak otot tungkai dengan hasil kemampuan melakukan tembakan bebas dalam permainan bola basket pada atlet bola basket. Populasi penelitian ini adalah semua atlet putra bola basket UNNES tahun 2007 berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling, yaitu pengambilan seluruh populasi yaitu pemain putra UKM putra bola basket UNNES tahun 2007 sebanyak 30 orang sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini meliputi kekuatan otot lengan dan daya ledak otot tungkai sebagai variabel besar dan kemampuan hasil tembakan bebas sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana maupun ganda. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (r1y) sebesar 0,667 > rtabel =0,361, yang berarti ada hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil tembakan bebas bola basket. Koefisien korelasi (r2y) sebesar 0,536 > rtabel =0,361, yang berarti ada hubungan daya ledak otot tungkai dengan hasil tembakan bebas bola basket. Koefisien korelasi (r12y) sebesar 0,721. Keberartian Koefisien korelasi ganda tersebut diuji dengan uji F, hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 14,610 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan daya ledak otot tungkai dengan hasil tembakan bebas bola basket. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran kepada pelatih : 1) Bagi para pemain putra UKM bola basket UNNES tahun 2007 hendanya selain berkonsentrasi pada latihan-latihan teknik dasar bola basket juga berlatih meningkatkan kondisi fisiknya khususnya pada peningkatan kekuatan otot lengan dan daya ledak otot tungkai karena terbukti dapat memberikan sumbangan yang berarti terhadap kemampuannya dalam melakukan tembakan bebas dan 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis diharapkan untuk mengkaji variabel-variabel kondisi fisik lain yang berhubungan dengan kemampuan dalam melakukan tembakan bebas bola basket agar diperoleh informasi yang lengkat guna menyusun program latihan bagi pemain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 01 Apr 2011 23:17
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:10

    Actions (login required)

    View Item