Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dengan Bantuan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2010/2011

Eka Hidayanti , 7101407308 (2011) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dengan Bantuan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dengan Bantuan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (21Mb)

    Abstract

    P enggunaan model pembelajaran oleh guru yang cenderung sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa bosan, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah. Untuk itu dibutuhkan suatu alternatif model dan media pembelajaran yang dapat membantu mengurangi rasa kebosanan siswa salah satunya dengan model pembelajaran problem solving dengan bantuan macromedia flash. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran problem solving dengan menggunakan bantuan macromedia flash mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan jurnal penyesuaian pada perusahaan jasa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2010/2011 dan apakah model pembelajaran problem solving dengan menggunakan bantuan maromedia flash lebih efektif dibandingkan dengan media hasil teknologi cetak dalam meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan jurnal penyesuaian pada perusahaan jasa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah empat kelas, dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Bantuan Macromedia Flash dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena nilai t positif maka rata-rata kelas eksperimen lebih besar. Berdasarkan hasil analisis pada paired sample statistic dapat diketahui bahwa nilai rata- rata pre tes kelas eksperimen adalah 60,72 dan post tes adalah 77,50 sehingga dapat disimpulkan terjadi kenaikan nilai rata- rata siswa setelah dilaksanakan treatment sebesar 28,34 %. Pembelajaran model problem solving dengan bantuan macromedia flash mampu meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring Kendal. Saran yang diberikan dengan hasil penelitian ini yaitu : Guru Akuntansi SMA N 1 Cepiring Kendal dapat menerapkan model pembelajaran problem solving dengan bantuan macromedia flash pada materi jurnal penyesuaian karena terbukti telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Macromedia Flash, Hasil Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 15 Nov 2011 21:32
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:59

    Actions (login required)

    View Item