Implementasi Metode Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara

Fatimatuzzahro, 7101407015 (2011) Implementasi Metode Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Metode Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara) - Published Version
Download (1710Kb)

    Abstract

    Fatimatuzzahro. 2011. Implementasi Metode Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Sri Kustini. Pembimbing II: Bestari Dwi Handayani, S.E, M.Si. Kata kunci: Metode Team Assisted Inidividualization (TAI), Hasil Belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor yang dibahas dalam penelitian ini adalah faktor eksternal yaitu metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan metode konvensional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bawang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun 2011. Dari populasi tersebut diambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Kemudian kelas XI IPS 1 sebagai kelas uji coba instrumen. Pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil perhitungan data pre-test diperoleh diperoleh t hitung sebesar 0,266 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 maka t tabel 1,67, karena t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil perhitungan data post-test diperoleh thitung sebesar 4,215 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 maka ttabel 1,67, karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti bahwa ada perbedaan rata-rata hasil post-test yang signifikan antara kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan metode konvensional pada pokok bahasan laporan keuangan siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bawang. Hasil belajar metode kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar metode konvensional pada pokok bahasan laporan keuangan. Saran penulis bahwa guru perlu menambah wawasan dan pengetahuan tentang metode-metode pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran akuntansi akan lebih efektif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode Team Assisted Inidividualization (TAI), Hasil Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 3313 not found.
    Date Deposited: 13 Nov 2011 19:31
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:52

    Actions (login required)

    View Item