“Hubungan Antara Kecepatan dan Kelincahan terhadap Ketrampilan Menggiring Bola dalam Sepak Bola pada Siswa Lembaga Pendidikan Sepakbola Atlas Binatama Semarang”.

Tirto Ponco Nugroho, 6104000048 (2005) “Hubungan Antara Kecepatan dan Kelincahan terhadap Ketrampilan Menggiring Bola dalam Sepak Bola pada Siswa Lembaga Pendidikan Sepakbola Atlas Binatama Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Hubungan Antara Kecepatan dan Kelincahan terhadap Ketrampilan Menggiring Bola dalam Sepak Bola pada Siswa Lembaga Pendidikan Sepakbola Atlas Binatama Semarang”.) - Published Version
Download (483Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang akan diungkapkan penelitian ini adalah : 1) Apakah ada hubungan antara kecepatan dan kelincahan terhadap ketrampilan menggiring bola dalam sepak bola pada siswa Lembaga Pendidikan Sepak Bola (LPSB) Atlas Binatma Semarang. Tujuannya untuk mengetahui hubungan antara antara kecepatan dan kelincahan terhadap ketrampilan menggiring bola dalam sepak bola pada siswa Lembaga Pendidikan Sepak Bola (LPSB) Atlas Binatma Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa LPSB Atlas Binatama Semarang U-16 sebanyak 26 siswa, sampel dalam penelitian diambil secara total sampling yaitu 26 siswa. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel bebas yaitu kecepatan dan kelincahan, serta 1 variabel terikat yaitu ketrampilan menggiring bola. Instrumen tes dalam penelitian ini yaitu tes kecepatan, tes kelincahan dan tes menggirng bola. Metode penelitiannya adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil analisis koefisien korelasi parsial untuk kecepatan sebesar 0.622 dengan probabilitas 0.001 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara kecepatan dengan menggiring bola pada permainan sepak bola oleh siswa LPSB Atlas Binatama Semarang. Hal ini berarti bahwa dengan bertambahnya kecepatan akan diiikuti pula kecapatan dalam menggiring bola. Hasil analisis koefisien korelasi parsial untuk kelincahan sebesar 0.518 dengan probabilitas 0.008 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima, dengan demikian kelincahan berhubungan secara signifikan dengan hasil menggiring bola pada permainan sepakbola oleh siswa LPSB Atlas Binatama Semarang. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kelincahan seseorang akan diikuti naiknya kecepatan dalam menggiring bola. Hasil analisis korelasi ganda sebesar 0.740 yang diuji keberartiannya menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 13.953 dengan probabilitas 0.000 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecepatan dan kelincahan dengan hasil menggiring bola pada permainan sepak bola oleh siswa LPSB Atlas Binatama Semarang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecepatan dan kelincahan terhadap ketrampilan menggiring bola pada permainan sepak bola pada siswa LPSB Atlas Binatama Semarang. Disarankan pada pihak pelatih sepak bola di LPSB Atlas Binatma Semarang: 1) Dalam penyusunan program latihan fisik untuk menggiring bola dalam sepakbola, hendaknya seorang pelatih memprioritaskan kecepatan dan kelincahan. 2) Agar melakukan penelitian yang sejenis untuk mengkaji lebih lanjut faktor-faktor lain yang termasuk dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 31 Mar 2011 22:32
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:08

    Actions (login required)

    View Item