KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEKANAN

Obimita Ika Permatasari , 4201407029 (2011) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEKANAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEKANAN) - Published Version
Download (101Kb)

    Abstract

    Permatasari, Obimita Ika. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) Berbasis Kontekstual dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Pokok Bahasan Tekanan. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sarwi, M.Si, Pembimbing II Dr. Putut Marwoto, M.S. Kata kunci: Keefektifan, Predict-Observe-Explain, Kontekstual, Aktivitas, Hasil Belajar. Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan inti dalam proses pendidikan. Strategi Predict-Observe-Explain (POE) merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai suatu konsep dengan pendekatan konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan aktivitas dan hasil belajar, (2) menguji keefektifan penerapan model POE berbasis kontekstual dibanding dengan eksperimen reguler. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dipilih secara purposif sampling diperoleh siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah t test dan faktor gain <g>. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, test, dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan teknik uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 5%, diperoleh thitung= 2,822 untuk aktivitas siswa dan thitung= 4,155 untuk hasil belajar Nilai thitung lebih besar dari ttabel=1,669. Selain itu, dengan teknik uji gain <g>, diperoleh peningkatan pemahaman pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,530 dan 0,444. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model POE berbasis konstektual lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Pada uji keefektifan model pembelajaran yang digunakan adalah nilai post-test kelas eksperimen yang dibandingkan dengan KKM mata pelajaran IPA, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel dengan thitung sebesar 6,840 dan ttabel sebesar 2,034. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran POE berbasis kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran fisika bab tekanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Predict-Observe-Explain (POE) berbasis kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, serta efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman tekanan SMP kelas VIII.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Predict-Observe-Explain, Kontekstual, Aktivitas, Hasil Belajar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 3260 not found.
    Date Deposited: 13 Nov 2011 20:52
    Last Modified: 13 Nov 2011 20:52

    Actions (login required)

    View Item