PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA BAHAN BANGUNAN SEMBILAN LIMA DI KECAMATAN GUNUNGPATI

Eko Yuwananto, 3352404031 (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA BAHAN BANGUNAN SEMBILAN LIMA DI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA ) - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Eko Yuwananto, 2011. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Bahan Bangunan Sembilan Lima di Kecamatan Gunungpati”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs.Ketut Sudarma, MM. Pembimbing II. Sri Wartini, SE. MM Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan Kepuasan pelanggan akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar pelanggan. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, diantaranya kualitas pelayanan dan harga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan?, (2) Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga trhadap kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada usaha bahan bangunan Sembilan Lima di kecamatan Gunungpati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menikmati jasa di usaha bahan bangunan sembiln lima . Sampel ditentukan dengan teknik sampel area dengan responden sebanyak 115 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier sedrhana, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 13. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 2,675+ 0,042 X1 + 0,579X2. Ada pengaruh antara kualitas pelayanan secara parsial dengan nilai t = 3,687, ada pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai t = 11,831 dan ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara simultan dengan nilai F = 139,327. Secara keseluruhan kualitas pelayanan dan harga mempengaruhikepuasan pelanggan sebesar 0,708, hal ini berarti 70,8% kepuasan pelanggan pada usaha bahan bangunan sembilan lima dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan harga, sedangkan sisanya 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan usaha bahan bangunan Sembilan lima

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: pradana adi fisika
    Date Deposited: 13 Nov 2011 20:54
    Last Modified: 13 Nov 2011 20:54

    Actions (login required)

    View Item