PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN BUKU MELALUI IDE POKOK DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011

Niswatun Khasanah , 2101407186 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN BUKU MELALUI IDE POKOK DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN BUKU MELALUI IDE POKOK DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (105Kb)

    Abstract

    Khasanah, Niswatun. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Rangkuman Buku melalui Ide Pokok dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing 1: Dra. Suprapti, M.Pd., Pembimbing II: Drs. Suparyanto. Kata kunci: keterampilan menulis rangkuman, ide pokok, media flash card. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia SMPN 1 Gemuh Kabupaten Kendal keterampilan menulis rangkuman pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh kabupaten Kendal masih belum memenuhi KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal). Hasil observasi peneliti pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh menunjukkan bahwa mereka belum terampil menulis rangkuman, ini dibuktikan dengan rata-rata nilai mereka belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70 karena kurang pengetahuan dan pemahaman siswa tentang menulis rangkuman. Faktor lain yang menyebabkan tingkat keterampilan siswa menulis rangkuman buku belum memenuhi KKM yaitu siswa belum bisa menentukan ide pokok yang terdapat dalam teks atau karangan. Selain faktor dari siswa, faktor guru sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator bagi siswa dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Guru masih kurang efektif dan maksimal dalam menggunakan teknik atau pun media untuk membelajarkan siswa menulis rangkuman buku. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis rangkuman buku pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis rangkuman buku melalui ide pokok dengan media flash card?, (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis rangkuman buku melalui ide pokok dengan media flash card?, sedangkan tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis rangkuman buku pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis rangkuman buku melalui ide pokok dengan media flash card dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis rangkuman buku melalui ide pokok dengan media flash card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, obeservasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII C SMPN 1 Gemuh yang berjumlah 35 siswa. Variabel dalam penelitian ini, yaitu keterampilan menulis rangkuman buku dan ide pokok dengan media flash card. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa hasil tes siswa dalam menulis rangkuman buku, sedangkan instrumen nontes dalam bentuk pedoman observasi, pedoman wawancara, jurnal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes menulis rangkuman buku. Berdasarkan hasil tes menulis rangkuman buku, kemampun siswa dalam menulis rangkuman mengalami peningkatan. Pada prasiklus rerata kelas kemampuan siswa dalam menulis rangkuman buku mencapai 63,75 dengan ketuntasan mencapai 17,14% meningkat menjadi 73,8 atau dengan ketuntasan mencapai 85,71% pada silklus I. Artinya, ada peningkatan sebesar 10,05 atau peningkatan ketuntasan 68,57% dari prasiklus ke siklus I, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis rangkuman buku meningkat menjadi 83,7 termasuk dalam kategori baik atau dengan ketuntasan mencapai 100%, artinya ada peningkatan rata-rata sebesar 9,9 atau peningkatan ketuntasan 31,43% dari siklus I dan ada peningkatan rata-rata 19,95 dari prasiklus. Berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Siswa menjadi lebih semangat, antusias, senang, aktif, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran menulis rangkuman buku melalui ide pokok dengan media flash card. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya lebih kreatif dalam dalam menggunkan media atau pun teknik dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Saran bagi para peneliti di bidang bahasa berikutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik atau pun media pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternative teknik pembelajaran menulis rangkuman dan bidang menulis pada umumnya

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis rangkuman, ide pokok, media flash card.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: Users 3260 not found.
    Date Deposited: 13 Nov 2011 20:55
    Last Modified: 13 Nov 2011 20:55

    Actions (login required)

    View Item