Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Psikologi Unnes.

Anon Kurniawan , 1550405081 (2011) Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Psikologi Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Psikologi Unnes.) - Submitted Version
Download (1062Kb)

    Abstract

    Perilaku kecurangan akademik (academic cheating) merupakan suatu fenomena yang telah menjadi epidemi pada dunia pendidikan. Perilaku kecurangan akademik ternyata telah menjadi jamak dilakukan dikalangan pelajar yang dilakukan pula oleh berbagai tingkatan pendidikan dari sekolah tingkat dasar hingga jenjang perguruang tinggi. Perilaku kecurangan akademik disinyalir terjadi pula pada kalangan mahasiswa pada jurusan Psikologi Unnes. Lulusan sarjana Psikologi diharapkan memiliki pribadi yang jujur serta kemampuan yang cukup dalam ilmu Psikologi. Maka ketika seorang mahasiswa Psikologi melakukan kecurangan akademik dapat berpotensi kurangnya pemahaman mengenai bidang keilmuannya. Atas dasar tersebut maka perlu adanya peneltian yang membahas perilaku kecurangan akademik yang terjadi pada mahasiswa psikologi Unnes. Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku kecurangan akademik yang terjadi pada mahasiswa Psikologi. Perilaku kecurangan akademik adalah perilaku tidak jujur seperti menipu, memperdaya atau mengecoh pengajar yang dilakukan siswa pada setting akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk perilaku kecurangan akademik yang banyak dilakukan pada mahasiswa Psikologi Unnes pada tahun 2011. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang menjabarkan data-data numerikal dengan metode statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Unnes tahun angkatan 2010, 2009, 2008 dan 2007 yang dipilih dengan menggunakan metode sampel berstata. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner yang mengungkap perilaku kecurangan akademik. Kuisioner dikenakan uji coba pada 40 mahasiswa sehingga dari 105 aitem kuisioner digugurkan sebanyak 26 aitem. Penentuan validitas aitem kuisioner dilakukan menggunakan perhitungan product moment yang dilakukan menggunakan SPSS 17 for Windows. Aitem yang termasuk valid adalah aitem yang memiliki korelasi yang signifikan dengan nilai r antara 0,357 hingga 0,836. Reliabilitas kuisioner dihitung dengan SPSS 17 menggunakan perhitungan Cronbach Alpha dengan angka 0,964. Mean perilaku kecurangan akademik subjek berada dalam kategori rendah, sebanyak 58 persen berada dalam kategori sedang dan 42 persen responden berada dalam kategori rendah. Perilaku kecurangan akademik yang paling banyak dilakukan adalah dengan kolaborasi saat dilaksanakan ujian, pemalsuan dan penggunaan materi yang dilarang digunakan. Perilaku kecurangan akademik paling banyak dilakukan pada pelaksanaan ujian. Maka perlu ada pengawasan yang lebih ketat dalam pelaksanaan ujian.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kecurangan akademik, Mahasiswa, Pembelajaran, Psikologi
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 02 Nov 2011 04:53
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:31

    Actions (login required)

    View Item