Pengaruh Motivasi Kualitas Dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA)

Elia Abdillah , 7250406042 (2011) Pengaruh Motivasi Kualitas Dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Kualitas Dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA)”) - Submitted Version
Download (2483Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang pengaruh motivasi kualitas dan motivasi karir, baik secara simultan maupun parsial terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Semarang, khususnya di Perguruan Tinggi yang sudah menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Hal ini dilatarbelakangi oleh data yang menyebutkan tentang rendahnya minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) tersebut, bahkan peminat dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan jumlahnya masih sangat rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh faktor-faktor motivasi kaitannya dengan minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Akuntansi S1 semester akhir yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri dan swasta penyelenggara Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi semester delapan yang masih aktif kuliah di Undip dan Unisbank Semarang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Proportional Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Motivasi kualitas (X1), dan Motivasi Karir (X2), sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwavariabel motivasi kualitas menunjukkan responden berada pada tingkat setuju (82,72%). Hal ini berarti kualitas merupakan salah satu faktor alasan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Begitu pula dengan motivasi karir menunjukkan responden berada pada tingkat setuju (80,64%). Dari analisis hasil regresi diperoleh persamaan regresiY=7,560+0,155X1+0,166X2+e. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh adjusted R2 sebesar 0,32 yang artinya pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi kualitas dan motivasi karir terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi secara simultan sebesar 32% sedangkan sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor lain yang yang tidak masuk dalam model regresi ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih memperluas sampel penulisan dan diharapkan dapat menggunakan faktor-faktor atau motivasi-motivasi lain yang berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA)dengan mempertimbangkan keterbatasan yang ada dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kualitas, Karir, Minat, Pendidikan Profesi Akuntansi.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 02 Nov 2011 04:27
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:31

    Actions (login required)

    View Item