Analisis Pengaruh Retailing Mix Dan Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di Minimarket KITA Tegal

Fahri Aji Apriasto , 7350406533 (2011) Analisis Pengaruh Retailing Mix Dan Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di Minimarket KITA Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Analisis Pengaruh Retailing Mix Dan Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di Minimarket KITA Tegal) - Submitted Version
Download (1517Kb)

    Abstract

    Kepuasan konsumen akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar konsumen. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, diantaranya Retailing Mix dan Service Quality. Permasalahan dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh Retailing Mix dan Service Quality terhadap tingkat kepuasan konsumen Minimarket KITA Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Retailing Mix dalam penentuan tingkat kepuasan konsumen Minimarket KITA Tegal, Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Service Quality dalam penentuan tingkat kepuasan konsumen Minimarket KITA Tegal dan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Retailing Mix dan Service Quality dalam penentuan tingkat kepuasan konsumen Minimarket KITA Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Minimarket KITA Tegal. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling dengan responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier sederhana, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 2,835+ 0,063 X1 + 0,119 X2. Ada pengaruh yang signifikan antara Retailing Mix dan Service Quality secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen sebesar Fhitung = 22,630. Secara parsial ada pengaruh Retailing Mix terhadap tingkat kepuasan konsumen yang signifikan sebesar t = 3,932, secara parsial ada pengaruh Service Quality terhadap tingkat kepuasan konsumen yang signifikan secara parsial sebesar t = 3,295 dan Secara keseluruhan Retailing Mix dan Service Quality secara bersamasama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sebesar 0,304, hal ini berarti 30,4 %, kepuasan konsumen Minimarket Kita Tegal dipengaruhi oleh variabel Retailing Mix dan Service Quality, sedangkan sisanya 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Retailing Mix dan Service Quality terhadap kepuasan konsumen Minimarket Kita Tegal secara parsial maupun simultan. Saran kepada pihak Minimarket KITA untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya dalam memenuhi kebutuhan konsumen serta pelayanan lebih ditingkatkan agar konsumen merasa sangat puas. Sedangkan pada faktor dimana konsumen merasa puas, hendaknya Minimarket KITA dapat mempertahankan prestasinya dan lebih ditingkatkan lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Retailing Mix, Service Quality, Kepuasan Pelanggan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 01 Nov 2011 02:46
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:29

    Actions (login required)

    View Item