Motivasi Anak Latih Usia Remaja Dalam Memilih Masuk Perkumpulan Bulutangkis Di Kabupaten Purworejo Tahun 2005.

Teguh Raharjo, 6250402041 (2006) Motivasi Anak Latih Usia Remaja Dalam Memilih Masuk Perkumpulan Bulutangkis Di Kabupaten Purworejo Tahun 2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Motivasi Anak Latih Usia Remaja Dalam Memilih Masuk Perkumpulan Bulutangkis Di Kabupaten Purworejo Tahun 2005.) - Published Version
Download (331Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1). seberapa besar motivasi instrinsik yang melandasi keikutsertaan anak latih usia remaja dalam memilih masuk di perkumpulan klub bulutangkis di Kabupaten Purworejo? 2) seberapa besar motivasi ekstrinsik yang melandasi keikutsertaan anak latih usia remaja dalam memilih masuk di perkumpulan klub bulutangkis di Kabupaten Purworejo? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar motivasi anak latih usia remaja dalam memilih masuk perkumpulan klub bulutangkis di Kabupaten Purworejo baik secara instrinsik maupun ekstrinsik. Populasi yang diteliti yang anak latih usia remaja yang masuk klub bulutangkis di Kabupaten Purworejo yang terdiri dari tiga klub. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden. Variabel yang diteliti motivasi instrinsik dan ekstrinsik yang melandasi keikutsertaan anak latih masuk klub bulutangkis. Data diambil dengan kuesioner dan di analisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi instrinsik yang melandasi keikutsertaan anak latih usia remaja dalam memilih masuk klub bulutangkis di Kabupaten Purworejo dalam kategori tinggi, terbukti dari 62,5% dalam kategori tinggi dan 35% sangat tinggi. Jenis motivasi instrinsik yang melandasi dalam pemilihan masuk klub bulutangkis antara lain: hobi,cita-cita, usaha menangkal pengaruh kenakalan remaja, karena postur tubuh yang menunjang, untuk meningkatkan kesegaran jasmani, menyalurkan kelebihan tenaga atau energi dalam tubuh, untuk mendapatkan kenyamanan dalam istirahat, mengatasi perasaan minder dalam bergaul, mengembangkan bakat, memperoleh teman bermain sebaya, membela perkumpulan apabila berprestasi, mengembangkan sikap patuh disiplin dan membantu pertumbuhan badan. Motivasi ekstrinsik yang melandasi keikutsertaan anak latih usia remaja dalam memilih masuk klub bulutangkis di Kabupaten Purworejo dalam kategori tinggi, terbukti dari 72,5% dalam kategori tinggi dan 12,5% sangat tinggi. Jenis motivasi ekstrinsik yang melandasi dalam pemilihan masuk klub bulutangkis antara lain: keinginan mewakili klub, sekolah dan daerah apabila berprestasi baik, kondisi dan suasana berlatih yang menyenangkan, untuk mendapatkan prestasi tinggi dan terkenal, ingin berprestasi seperti pebulutangkis Indonesia, ingin mendapatkan persaingan dengan lawan latih, mendapatkan hadiah atau penghargaan apabila memperoleh juara. Disarankan kepada pengurus klub hendaknya lebih memberikan dorongan untuk lebih giat dalam berlatih untuk memperoleh prestasi yang tinggi, dengan harapan mampu menjadi pebulutangkis yang berprestasi dan mewakili daerah. Disarankan pula kepada anak usia remaja untuk berlatih lebih giat. Di samping untuk mengisi waktu luang juga digunakan untuk memupuk disiplin, tingkat kesegaran jasmani dan meningkatkan prestasinya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 31 Mar 2011 01:47
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item