(ABSTRAK) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII RSBI DI SMP NEGERI 3 BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Fina Melati , 1301406017 (2011) (ABSTRAK) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII RSBI DI SMP NEGERI 3 BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII RSBI DI SMP NEGERI 3 BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Memperhatikan standar bagi penyelenggaraan RSBI, harapan yang ingin dicapai bagi sekolah penyelenggara kelas RSBI melalui pembinaan siswa secara optimal baik potensi akademik maupun non akademik, adalah proses pendidikan harus menghasilkan manusia yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berkepribadian unggul, memiliki jiwa kepemimpinan, jiwa entrepreneur, jiwa patriot, jiwa inovator, berprakarsa, kreatif dan mandiri. Fakta yang terjadi dilapangan tentang permasalahan motivasi belajar siswa yang terjadi di SMP Negeri 3 Batang menjadi tanggung jawab guru pembimbing di sekolah yaitu melalui layanan bimbingan dan konseling. Dalam layanan penguasaan konten dengan teknik permainan yang dapat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII RSBI di SMP Negeri 3 Batang, yang terdiri dari 5 (150 siswa) kelas VII A hingga VII E. Sampel yang digunakkan mengambil salah satu kelas sebanyak 30 siswa secara acak, dengan menggunakkan teknik sampling one stage cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif peresentase, deskriptif kualitatif dan analisis inferensial dengan rumus t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,76%. Motivasi belajar siswa sebelum dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan, menunjukkan kategori sedang yaitu 62,37%. Motivasi belajar siswa sesudah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan, menunjukkan kategori sedang yaitu 71,13%. Berdasarkan analisis inferensial menggunakkan uji t-Test menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan, dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, hasil analisis uji beda diperoleh = 10,02 dan = 2,045, jadi nilai > . Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan ada peningkatan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik permainan pada siswa kelas VII RSBI di SMP N 3 Batang tahun ajaran 2010/2011. Merujuk dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah mendapat treatment berupa layanan penguasaan konten dengan teknik permainan. Hendaknya guru pembimbing dapat memanfaatkan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Permainan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2011 23:02
    Last Modified: 31 Oct 2011 23:02

    Actions (login required)

    View Item