Pengaruh Kepribadian dan Profesionalitas Guru Ekonomi Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Mata Pelajaran Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri se Kabupaten Kebumen.

Febri Nilasari , 7101407031 (2011) Pengaruh Kepribadian dan Profesionalitas Guru Ekonomi Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Mata Pelajaran Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri se Kabupaten Kebumen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Kepribadian dan Profesionalitas Guru Ekonomi Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Mata Pelajaran Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri se Kabupaten Kebumen) - Submitted Version
Download (1608Kb)

    Abstract

    Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Kebumen untuk mata pelajaran ekonomi-akuntansi masih belum optimal. Keberhasilan dalam belajar siswa pada tingkat pendidikan menengah salah satunya sangat dipengaruhi oleh keberadaan guru sebagai tanaga pendidik. Guru memiliki peranan sebagai pemegang tanggungjawab terhadap pencapaian belajar siswa. Guru tidak hanya dituntut untuk pintar dalam hal ilmu, tapi juga dituntut untuk memiliki kepribadian dan profesionalitas yang baik demi tercapainya prestasi belajar yang optimal pada siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah secara simultan dan parsial kepribadian dan profesionalitas guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi-akuntansi siswa SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi-akuntansi di SMA Negeri se Kabupaten Kebumen sejumlah 30 guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan populasi, sehingga sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kepribadian guru dan profesionalitas guru sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dengan uji F dan uji t.. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel kepribadian guru memberikan pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 32,60% dibandingkan variabel profesionalitas guru yaitu sebesar 22,85%. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa kepribadian guru dan profesionalitas guru ekonomi-akuntansi secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar ekonomi-akuntansi sebesar 56% dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara kepribadian guru dan profesionalitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi-akuntansi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu : Sekolah hendaknya memotivasi dan mengupayakan guru ikut serta dalam pelatihan dan pendidikan dalam rangka pengembangan dan peningkatan kompetensi. Guru diharapkan dapat berkontribusi dalam hal karya pengembangan profesi dan keikutsertaannya dalam forum ilmiah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kepribadian Guru, Profesionalitas Guru SMA Negeri Kabupaten Kebumen
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 31 Oct 2011 04:11
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:27

    Actions (login required)

    View Item