Analisis Perbandingan Brand Equity Indomie dengan Mie Sedaap (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)

Robertus Sola Asisi , 3352402028 (2007) Analisis Perbandingan Brand Equity Indomie dengan Mie Sedaap (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Analisis Perbandingan Brand Equity Indomie dengan Mie Sedaap (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Download (1211Kb)

    Abstract

    Sebuah brand dituntut memiliki ekuitas yang tinggi. Kemajuan teknologi memudahkan produk lebih mudah ditiru. Konsumen menghadapi terlalu banyak pilihan namun sayangnya informasi tentang kualitas produk dipasaran sangat minimum sekali. Brand yang kuat akan menjanjikan konsumen mendapatkan nilai lebih tinggi dan tentunya ini akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen dalam memilih brand tertentu. Secara teoritis, loyalitas merek merupakan ukuran inti dari brand equity karena merupakan ukuran keterkaitan seorang pelanggan dari sebuah brand (Simamora, 2001: 112). Namun kenyataannya bahwa meski Indomie maupun Mie Sedaap memiliki strategi yang hampir sama dalam meningkatkan brand equity-nya, ternyata indeks loyalitas Indomie (sebagai ukuran inti dari brand equity) tetap mengalami penurunan dibandingkan Mie Sedaap. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan antara brand equity Indomie dengan Mie Sedaap bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Tujuan dari peneliian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan antara brand equity Indomie dengan Mie Sedaap bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomie dengan konsumen Mie Sedaap di Universitas Negeri Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 384 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dengan independent sample test. Hasil penelitian setelah diadakan uji t dari masing-masing variabel ditemukan nilai signifikan sebesar 0,002 berada di bawah level of significance yang digunakan (α =0,05) sehingga Hipotesis yang menyatakan ada perbedaan antara brand equity Indomie dengan Mie Sedaap bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah ada perbedaan antara brand equity Indomie dengan Mie Sedaap bagi mahsiswa Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini Mie Sedaap bisa meningkatkan elemen-elemen Brand equity-nya melalui event marketing, seperti bazar atau membuka stand-stand gratis.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Brand Equity
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 30 Mar 2011 23:55
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item