Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus pada Siswa Kelas XII-IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010

Iqbar M Riza, 2009 (2009) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus pada Siswa Kelas XII-IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus pada Siswa Kelas XII-IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (39Kb)

    Abstract

    Riza, Iqbar M. 2009. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus pada Siswa Kelas XII-IS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD Hasil observasi awal di SMA N 9 Semarang pada kelas IS menunjukkan banyak siswa yang mempunyai prestasi rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah rasa jenuh dan bosan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas XII-IS SMA N 9 Semarang setelah mengikuti pembelajaran kooperatif pendekatan STAD, 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas XII-IS SMA N 9 Semarang setelah mengikuti pembelajaran kooperatif pendekatan STAD. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas XII-IS SMA N 9 Semarang setelah mengikuti pembelajaran kooperatif pendekatan STAD, 2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas XII-IS SMA N 9 Semarang setelah mengikuti pembelajaran kooperatif pendekatan STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-IS SMA N 9 Semarang yang berjumlah 135 siswa. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XII-IS1 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel yang dikaji adalah variabel bebas yaitu metode pembelajaran kooperatif pendekatan STAD dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa kelas XII-IS. Metode pengumpulan dilakukan dengan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif presentase. Dari hasil pre test yang dilakukan, presentase ketuntasan belajar siswa adalah 64%, kemudian pada akhir siklus 1 ketuntasan belajar siswa 61%, sedangkan pada pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa menjadi 79% dan pada siklus III mengalami peningkatan kembali mencapai 100%. Hasil ini diperkuat lagi dengan diadakannya post test, dimana ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Dari hasil pengamatan, aktivitas siswa secara individu dan kelompok juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif pendekatan STAD mampu meningkatkan prestasi belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas XII-IS SMA N 9 Semarang. Oleh karena guru hendaknya mampu menumbuh kembangkan kemandirian dan keterampilan siswa dalam pembelajaran akuntansi dengan memberikan motivasi kepada siswa agar dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Oct 2011 22:32
    Last Modified: 25 Oct 2011 22:32

    Actions (login required)

    View Item