Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki di Dealer PT, Sinargemala Sakti Semarang

Yoga Tri Wicaksono, 2009 (2009) Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki di Dealer PT, Sinargemala Sakti Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki di Dealer PT, Sinargemala Sakti Semarang) - Published Version
Download (21Kb)

    Abstract

    Yoga Tri Wicaksono. 2009. “Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki di Dealer PT, Sinargemala Sakti Semarang”. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. 68h. Kata Kunci : Promotion Mix, Keputusan Pembelian Perkembangan era globalisasi di bidang teknologi yang begitu cepat membawa banyak sekali perubahan drastis dalam peradaban manusia, di bidang otomotif khususnya sepeda motor terjadi persaingan antara pabrikan motor yang satu dengan yang lainnya. Produk Kawasaki memiliki berbagai keunggulan yang dianggap dapat bersaing dengan produk lainnya, seperti harga yang relatif murah, ketersediaan suku cadang, sampai fasilitas servis. Namun kenyataannya melihat hal tersebut mengapa produk sepeda motor Kawasaki mengalami penurunan tingkat penjualan dibandingkan produk pesaing terutama merek- merek sepeda motor Jepang lainnya, dengan melihat permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti strategi pemasaran dengan bauran promosi yang dilakukan PT Sinargemala Sakti selaku dealer pusat Kawasaki di Semarang yang mempengaruhi keputusan pembelian Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Apakah promotion mix mempengaruhi keputusan pembelian produk sepeda motor merek Kawasaki di dealer PT Sinargemala Sakti Semarang?, (2) Sub variabel manakah dari promotion mix yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Kawasaki di dealer PT Sinargemala Sakti Semarang?. Sampel dalam penelitian adalah konsumen yang telah membeli produk sepeda motor Kawasaki yang berjumlah 100 orang. Jenis dan metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner.Hasil penelitian berdasarkan deskriptif presentase menunjukkan periklanan dengan presentase 61.40%, personal selling dengan presentase 71.80%, promosi penjualan dengan presentase 61.70%, public relation dengan presentase 58.10%, pemasaran langsung dengan presentase 68.20%, dan keputusan pembelian dalam presentase 66.28%. Hal ini juga dilihat dari analisis regresi antara variabel bebas Promotion Mix terhadap keputusan pembelian mempunyai pengaruh signifikan karena Fhitung > Ftabel (17.475 > 3.15). Untuk kontribusi promosi penjualan terhadap keputusan pembelian sebesar 10,37%, kontribusi periklanan terhadap keputusan pembelian sebesar 9.61%, kontribusi public relation terhadap keputusan pembelian sebesar 6,25%, kontribusi personal selling terhadap keputusan pembelian sebesar 4,67%, pemasaran langsung tidak memberi kontribusi terhadap keputusan pembelian . Berdasarkan penelitian diatas maka disimpulkan secara simultan promotion mix berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial promotion mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan pemasaran langsung berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran langsung mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Kawasaki di Dealer PT. Sinargemala Sakti Semarang, untuk itu pemasaran langsung sebaiknya ditingkatkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Promotion Mix, Keputusan Pembelian
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 Oct 2011 20:21
    Last Modified: 24 Oct 2011 20:21

    Actions (login required)

    View Item