Meningkatkan kemampuan passing bola basket dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT ( Team Games Tournament ) pada siswa kelas X Multi media SMK Palebon Semarang Tahun 2010.

SOEPARNO, 6301909049 (2010) Meningkatkan kemampuan passing bola basket dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT ( Team Games Tournament ) pada siswa kelas X Multi media SMK Palebon Semarang Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Meningkatkan kemampuan passing bola basket dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT ( Team Games Tournament ) pada siswa kelas X Multi media SMK Palebon Semarang Tahun 2010.) - Submitted Version
Download (544Kb)

    Abstract

    Tujuan lain dari penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa kelas X .Penelitian akan dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu dari bulan September hingga bulan Oktober 2010. Penelitian ini dilaksanakan dari mulai penyusunan proposal, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data siklus1 dan siklus 2, analisis data siklus 1 dan 2 dan pembuatan laporan hasil penelitian. Penelitian dilaksanakan di SMK Palebon Semarang yang beralamat di Jl Palebon Raya 30 Semarang. Pemilihan tempat didasarkan pada tempat peneliti mengajar dan tempat ditemukannya masalah yang akan diteliti.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia 1 SMK Palebon Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali tatap muka. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan (Planing), pelaksanaan tindakan (Acting), observasi (Observing) serta evaluasi dan refleksi (Reflecting). Data hasil penelitian tindakan kelas ini akan dianalisis secara kualitatif dengan melihat kegiatan siswa selama mengikuti peoses pembelajaran di dalam kelas dan secara kuantitatif dengan melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data ini akan digunakan untuk tindak lanjut dan akan digunakan untuk mengambil kesimpulan terhadap hasil penelitian tindakan kelas. Proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT pada siklus 2 menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai ratarata ulangan harian dari 77,66 menjadi 88,00. Prosentase nilai ketuntasan belajar klasikal dari kondisi awal ke siklus 2 yaitu dari 47% menjadi 100 %. Apabila dilihat dari kriteria ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,00 % dengan nilai KKM secara individu 75 bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang menyebabkan terjadinya ketuntasan belajar secara individual maupun secara klasikal. Demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT ( Teams Games Tournament ) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada materi ajar passing permainan bola basket bagi siswa kelas X Multimedia 1 SMK Palebon Semarang semester 1 tahun pelajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: permainan bola basket, passing bola, Team Games Tournament (TGT),metode pembelajaran kooperatif, Pendidikan Jasmani
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 30 Mar 2011 04:14
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:05

    Actions (login required)

    View Item