“Pemanfaatan Media Peta dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang pada SMP Negeri di Kota Blora Tahun Ajaran 2010/2011”.

Luluk Cipto Utomo , 3201406550 (2011) “Pemanfaatan Media Peta dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang pada SMP Negeri di Kota Blora Tahun Ajaran 2010/2011”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pemanfaatan Media Peta dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang pada SMP Negeri di Kota Blora Tahun Ajaran 2010/2011”.) - Published Version
Download (286Kb)

    Abstract

    Peta merupakan salah satu media pembelajaran yang penting digunakan dalam proses belajar mengajar mata pelajaran geografi. Peta mampu memberikan gambaran kepada siswa mengenai letak geografis suatu wilayah. Akan tetapi dalam praktiknya tidak semua sekolah memiliki peta, meski ada beberapa sekolah memiliki belum tentu dalam kondisi yang baik. Demikian halnya dengan SMP Negeri di Kota Blora. Hal ini berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi yang seharusnya menggunakan media peta. Dengan demikian, permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pemanfaatan media peta dalam proses pembelajaran geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang pada SMP Negeri di kota Blora? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan media peta dalam proses pembelajaran geografi pada SMP Negeri di kota Blora. Dalam penelitian peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian yaitu SMP Negeri di Kota Blora. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar IPS geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang pada SMP Negeri di kota Blora. Teknik pengumpulan data yaitu observasi secara langsung dan wawancara. Teknik untuk memeriksa keabsahan data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri di Kota Blora meliputi SMP Negeri 1 Blora, SMP Negeri 2 Blora, SMP Negeri 3 Blora, SMP Negeri 4 Blora, SMP Negeri 5 Blora, SMP Negeri 6 Blora dan SMP Negeri 7 Blora. ketersediaan media peta sebagai media pembelajaran IPS geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang di SMP Negeri kota Blora sudah cukup memadai.Pemanfaatan media peta pada SMP Negeri di Kota Blora dalam proses pembelajaran IPS geografi dengan pokok pembahasan negara maju dan berkembang juga sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dalam menggunakan media peta sebagai sarana dalam menunjang proses pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media peta dalam proses pembelajaran geografi pokok bahasan negara maju dan berkembang pada SMP Negeri di kota Blora sudah cukup baik. Saran yang diajukan berdasarkan penelitian adalah Bagi guru mata pelajaran IPS geografi hendaknya lebih meningkatkan pemanfaatan penggunaan media peta agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan meningkatkan minat belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media, Peta, dan Pembelajaran Geografi.
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 30 Mar 2011 03:40
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:05

    Actions (login required)

    View Item