(ABSTRAK) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA

Alim Muidah , 7101406046 (2011) (ABSTRAK) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (200Kb)

    Abstract

    Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Pada bidang Ekonomi Prestasi belajar siswa diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal. Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara yang nilai ekonominya kurang dari KKM yaitu berjumlah 77 siswa. Karena subyek penelitian kurang dari 100, maka peneliti menggunakan penelitian sensus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 15 (lima belas) faktor prestasi belajar yang terbentuk, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut: (1) faktor lingkungan keluarga, (2) faktor penguasaan materi, (3) faktor suasana kelas, (4) faktor sumber belajar, (5) faktor keaktifan siswa, (6) faktor minat belajar, (7) faktor lingkungan sekolah, (8) faktor fisiologis siswa, (9) faktor metode belajar, (10) faktor lingkungan masyarakat, (11) faktor kedisiplinan guru, (12) faktor metode mengajar guru, (13) faktor kesiapan siswa, (14) faktor fasilitas belajar, dan (15) faktor kurikulum. Faktor yang memberi kontribusi paling besar adalah faktor lingkungan keluarga yaitu sebesar 17,21%, kontribusi terkecil diberikan oleh faktor kemampuan siswa yaitu sebesar 2,35% dari keseluruhan kontribusi yang diberikan oleh seluruh faktor yang besarnya 74,55%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Hendaknya orang tua memberikan motivasi belajar siswa dengan cara memberikan fasilitas dan sarana prasarana belajar yang lengkap, (2) Hendaknya menciptakan kondisi tempat tinggal yang nyaman dan tenang dengan cara menjaga keharmonisan hubungan antar keluarga agar siswa tidak terganggu dalam belajarnya, (3) Hendaknya meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru dengan cara guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang kurang jelas dan kurang paham.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Oct 2011 23:32
    Last Modified: 18 Oct 2011 23:32

    Actions (login required)

    View Item