(ABSTRAK) PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP SHOT DALAM PERMAINAN BOLABASKET PADA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA SMP NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010

FAJAR HIDAYAT , 6301406027 (2011) (ABSTRAK) PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP SHOT DALAM PERMAINAN BOLABASKET PADA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA SMP NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP SHOT DALAM PERMAINAN BOLABASKET PADA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA SMP NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (70Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang akan penulis teliti adalah : 1) Apakah ada perbedaan efektifitas latihan lay up dari depan antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot?, 2) Manakah pengaruh yang lebih efektif antara lay up bank shot bila dibandingkan dengan lay up tanpa bank shot dari depan terhadap hasil lay up shot?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektifitas antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot dari depan terhadap hasil lay up shot. 2) Untuk mengetahui manakah pengaruh yang lebih efektif antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot dari depan terhadap hasil lay up shot dalam permainan bolabasket pada ekstrakulikuler bolabasket putra SMP Negeri 1 Wonosobo tahun ajaran 2009/2010. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Wonosobo yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian setelah diolah menggunakan rumus t-test diperoleh hasil nilai latihan tembakan lay up dari depan dengan menggunakan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot thitung 2,1. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 9 diperoleh ttabel 2,262. Sehingga thitung 2,1 < ttabel 2,262. Hal ini berarti ada pengaruh hasil latihan tembakan lay up dari depan dilakukan dengan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil nilai latihan tembakan lay up dari depan dengan menggunakan lay up bank shot terhadap hasil lay up shot thitung 4,13. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 9 diperoleh ttabel 2,262. Sehingga thitung 4,13 > ttabel 2,262 berarti ada pengaruh hasil latihan tembakan lay up dari depan dengan menggunakan lay up bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil nilai latihan tembakan lay up dari depan dengan lay up bank shot dan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot thitung 2,333. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 9 diperoleh ttabel 2,262. Sehingga thitung 2,333 > ttabel 2,262 berarti ada pengaruh hasil latihan tembakan lay up dari depan yang dilakukan dengan menggunakan lay up bank shot dan lay up tanpa bank shot terhadap hasil latihan lay up shot. Mean dari kelompok eksperimen I adalah 5, sedangkan mean dari kelompok eksperimen II adalah 4,3. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan, 1) Ada perbedaan efektifitas latihan lay up dari depan antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. 2) Lay up bank shot lebih baik daripada lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil penelitian ini diharapkan kepada pelatih maupun guru ekstrakulikuler bolabasket hendaknya dalam memberikan materi bolabasket tentang lay up dari depan disarankan menggunakan latihan lay up dengan teknik lay up bank shot.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: lay up, bank shot, bola basket
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Oct 2011 23:29
    Last Modified: 18 Oct 2011 23:29

    Actions (login required)

    View Item