Persepsi Guru Mata Pelajaran Non Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2008/2009

bahtiar Affandi, 2009 (2009) Persepsi Guru Mata Pelajaran Non Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Persepsi Guru Mata Pelajaran Non Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2008/2009) - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Affandi, Bahtiar. 2009. Persepsi Guru Mata Pelajaran Non Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, 64 halaman. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kab. Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes dalam melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kab. Demak Tahun 2008. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner untuk memperoleh informasi persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 158 guru yang berasal dari tiga SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen. Pengambilan sampel dengan teknik sampel proporsional atau imbangan yaitu sebanyak 72 guru yang diwakili dari tiga SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2008/2009 mempunyai persepsi dengan kriteria sangat tinggi sebanyak 16.67%, kriteria sedang sebanyak 72.22%, kriteria rendah 11.11 %, dan kriteria rendah sekali 0%. Guru non penjasorkes memberikan persepsi bahwa guru penjasorkes telah memiliki beberapa kompetensi yang meliputi kompetensi kepribadian dengan kriteria sedang sebanyak 40.28%, kompetensi paedagogik dengan kriteria sedang sebanyak 52.78%, kompetensi profesional dengan kriteria sedang sebanyak 55.56%, dan kompetensi sosial dengan kriteria sedang sebanyak 40.28%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2008 menunjukkan kriteria sedang.. Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan adanya perhatian dari Dinas Pendidikan Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, sekolah, guru, siswa dan orang tua serta masyarakat untuk lebih memperhatikan proses pembelajaran penjasorkes. Dan dalam rangka meningkatkan mutu penjasorkes di SMP Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, disamping itu guru- guru penjasorkes harus lebih kreatif dalam proses pembelajaran penjasorkes sehingga tercapai tujuan pendidikan jasmani yaitu untuk membantu siswa untuk lebih meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatan melalui sikap sportif, serta kemampuan gerak dasar dan berbagai aktifitas jasmani.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Oct 2011 20:45
    Last Modified: 18 Oct 2011 21:30

    Actions (login required)

    View Item